Dinas Rahasia Rusia Diduga Bantu Putra Gubernur Siberia, Seorang Produsen Senjata Kabur dari Italia - Tribunnews

Dinas Rahasia Rusia Diduga Bantu Putra Gubernur Siberia, Seorang Produsen Senjata Kabur dari Italia - Halaman all

Artyom Uss, seorang pengusaha Rusia yang dituduh menyelundupkan teknologi Amerika ke produsen senjata Rusia mungkin telah menerima bantuan dari dinas keamanan Rusia untuk melarikan diri dari tahanan rumah di Italia, lapor surat kabar Italia la Repubblica , mengutip sumber tanpa nama.
Artyom Uss, seorang pengusaha Rusia yang dituduh menyelundupkan teknologi Amerika ke produsen senjata Rusia mungkin telah menerima bantuan dari dinas keamanan Rusia untuk melarikan diri dari tahanan rumah di Italia, lapor surat kabar Italia la Repubblica , mengutip sumber tanpa nama.

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pengusaha Rusia yang dituduh menyelundupkan teknologi militer Amerika ke produsen senjata Rusia diduga menerima bantuan dari dinas keamanan rahasia Rusia untuk melarikan diri dari tahanan rumah di Italia, lapor surat kabar Italia La Repubblica, mengutip sumber tanpa nama.

Artyom Uss (40) merupakan putra dari gubernur wilayah Krasnoyarsk di Siberia.

Dikutip The Moscow Times, Uss melepas gelang elektroniknya dan melakukan perjalanan dengan mobil yang dikemudikan seseorang tak dikenal di kompleks Cascina Vione, pedesaan sekitar Milan.

Ia kemudian menggunakan paspor palsu dan pesawat pribadi untuk keluar dari negara itu.

La Repubblica mengatakan bahwa putra gubernur mungkin telah dibantu dalam pelariannya oleh seluruh "jaringan kaki tangan" yang terhubung dengan dinas rahasia Rusia.

Pihak berwenang yang menyelidiki kasus ini percaya bahwa dinas rahasia Rusia mungkin telah memberi Uss perlindungan agar tidak segera ditemukan setelah kepergiannya.

Diketahui, 10 hari sebelum pelarian Uss, istrinya, yang tinggal bersamanya di Italia, melakukan perjalanan ke Moskow.

Ketika polisi Italia tiba di apartemennya untuk memeriksa apakah dia ada di rumah, mereka menemukan pintu tertutup dan TV menyala.

Penyelidik tidak mengesampingkan keterlibatan intelijen Rusia dalam pelarian Uss.

Keberadaan pengusaha tersebut hingga kini belum diketahui.

Ditahan Oktober 2022

Dikutip Guardian, pihak berwenang Italia mengatakan Artem Uss, yang ditahan di bandara Malpensa Milan dengan surat perintah penangkapan internasional Oktober lalu

Outlet berita Italia Cagliaripad berspekulasi bahwa Uss mungkin bersembunyi di pulau Sardinia, tempat ia memiliki properti.

Jaksa Italia pada Senin (27/3/20230) bertemu dengan para diplomat AS di Milan untuk membahas kemungkinan penyelidikan bersama atas pelarian pengusaha Rusia itu.

Uss terjerat sejumlah kasus hukum

Uss adalah satu dari lima orang Rusia yang ditahan di Bandara Malpensa Milan atas permintaan Washington pada 17 Oktober 2022, atas “skema ilegal untuk mengekspor teknologi militer AS yang kuat” ke Rusia.

Uss menghadapi sejumlah dakwaan di AS, termasuk pelanggaran sanksi dan pencucian uang yang dapat membuatnya dijatuhi hukuman penjara puluhan tahun.

Pengusaha tersebut mengaku tidak bersalah atas tuduhan tersebut dan di pengadilan meminta untuk diserahkan kepada pihak berwenang Rusia.

Pada 21 Maret 2023, pengadilan Italia menyetujui ekstradisi Uss ke AS, sementara banding yang diajukan pembelaannya ditolak pekan lalu.

Selama persidangan, pengacara pria tersebut menyarankan bahwa penangkapan dan ekstradisinya akan ditujukan untuk "pertukaran tahanan", mengutip bagaimana AS tertarik untuk mendapatkan dari Moskow pembebasan Paul Whelan, seorang pengusaha Amerika yang pada tahun 2020 dijatuhi hukuman 16 tahun di penjara di Rusia.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek