IMF-Ukraina Capai Kesepakatan Pinjaman Senilai Rp238 Triliun - inews

 

IMF-Ukraina Capai Kesepakatan Pinjaman Senilai Rp238 Triliun

IMF-Ukraina Capai Kesepakatan Pinjaman Senilai Rp238 Triliun
IMF-Ukraina capai kesepakatan pinjaman senilai Rp238 triliun. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Dana Moneter Internasional (IMF) telah mencapai kesepakatan tingkat staf dengan ukraina mengenai pendanaan senilai 15,6 miliar dolar AS atau Rp238 triliun. Pinjaman pertama IMF ke negara yang sedang berperang dengan Rusia itu diperkirakan akan disetujui dalam beberapa minggu ke depan. 

Ini akan menjadi salah satu paket pembiayaan terbesar yang diterima Ukraina sejak invasi Rusia. Adapun IMF baru-baru ini telah mengubah aturan untuk mengizinkan pinjaman ke negara-negara yang menghadapi ketidakpastian sangat tinggi. 

Baca Juga

"Invasi Rusia ke Ukraina terus berdampak buruk pada ekonomi: aktivitas menyusut hingga 30 persen pada 2022, sebagian besar stok modal telah dihancurkan, dan tingkat kemiskinan telah meningkat," kata pejabat IMF Gavin Gray dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC, Rabu (22/3/2023).

Dia menjelaskan, program ini telah dirancang sejalan dengan kebijakan dana baru tentang pinjaman di bawah ketidakpastian yang sangat tinggi. Dan jaminan pembiayaan yang kuat diharapkan datang dari para pendonor, termasuk G7 dan UE.

Baca Juga

Gray menuturkan, kesepakatan ini akan memobilisasi pembiayaan konsesi skala besar untuk Ukraina dari negara pendonor dan mitra internasional, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan, pendanaan itu akan membantu negara membiayai semua pengeluaran kritis dan memastikan stabilitas ekonomi makro dan memperkuat interaksi Ukraina dengan mitra internasional lainnya.

Baca Juga

Sementara Menteri Keuangan AS Janet Yellen, yang melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina pada bulan lalu, mengatakan bahwa program IMF yang ambisius dan dikondisikan dengan tepat sangat penting untuk mendukung upaya reformasi Ukraina. 

Sekadar informasi, AS adalah pemegang saham terbesar IMF dan penyumbang uang terbesar ke Ukraina. Presiden AS Joe Biden awal tahun ini mengumumkan memberikan bantuan militer AS ke Ukraina dengan nilai hampir setengah miliar dolar AS. Ini di atas dana yang dihabiskan oleh Kongres pada 2022, sebesar 112 miliar dolar AS. 

Baca Juga

Bantuan militer untuk Ukraina, seperti untuk membeli drone, tank, rudal, dan sistem amunisi lainnya serta pelatihan, logistik, dan dukungan intelijen. Uang terus mengalir ke dalam konflik dari seluruh dunia sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Sementara itu, IMF pada pekan lalu menyatakan dewan eksekutifnya telah menyetujui perubahan aturan untuk memungkinkan pendanaan bagi negara-negara yang menghadapi ketidakpastian sangat tinggi. Tanpa menyebut Ukraina, dikatakan bahwa tindakan itu diterapkan pada negara-negara yang mengalami guncangan eksogen di luar kendali otoritas negara dan jangkauan kebijakan ekonomi mereka. 

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek