Deretan PO Bus Tertua di Sumatera Layani Mudik Lebaran - inews

 

Deretan PO Bus Tertua di Sumatera Layani Mudik Lebaran

Deretan PO Bus Tertua di Sumatera Layani Mudik Lebaran
Deretan PO Bus Tertua di Sumatera (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bus merupakan moda transportasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia hingga saat ini. Tak ayal bila banyak sejumlah Perusahan Otobus (PO) baru di berbagai wilayah Indonesia.

Namun, di tengah gempuran banyaknya PO baru yang bermunculan, tidak sedikit juga PO yang sudah ada sejak lama. PO Bus tersebut masih bisa tetap mempertahankan eksistensinya hingga kini.

Baca Juga

Salah satunya yakni di wilayah Sumatera. Ada sejumlah PO tertua yang masih beroperasi dan melayani mudik Lebaran. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini PO Bus Tertua di Sumatera yang melayani mudik Lebaran.

Baca Juga

1. PO Transport Express Jaya

Salah satu perusahaan otobus (PO) tertua di Sumatera ini, bermarkas di Lubung Alung, Padang Pariaman yang berdiri sejak tahun 1987 lalu. Awalnya, PO ini hanya di Sumatera Barat saja, namun pada tahun 1996, PO Transport Express melebarkan sayapnya dengan melayani perjalanan ke Pulau Jawa.

Kala itu, PO Transport Express Jaya hanya bermodalkan 1 unit bus saja. Namun seiring PO Transport Express Jaya terus mengembangkan bisnis dengan mendirikan anak usaha, yakni PO Lubuk Basung Jaya, PO Tranex Mandiri, dan PO Lubuk Basung Express.

Baca Juga

Untuk mudik Lebaran 2023 nanti, PO Transport Express Jaya menyediakan berbagai rute dan armada. Adapun rute yang disuguhkan antara lain yakni dari Jakarta atau Jabodetabek menuju Sumatera Barat. Seperti yang dikutip dari instagram PO Transport Express Jaya @tranexgroup_official, harga tiket mudik Lebaran nanti berkisar dari mulai Rp475.000 hingga Rp875.000, tergantung dari tanggal keberangkatannya.

2. PO MPM

PO Mutia Putri Mulia (MPM) merupakan PO yang sudah berdiri sejak tahun 2019 lalu. Di mana PO tersebut didirikan oleh Haji Yurnalis di Kota Padang. Sebagai sebuah perusahaan otobus asal Sumatera Barat, PO yang satu ini tampil beda dengan menggunakan sasis Hino RK8, berbeda dengan kebanyakan PO di Sumatera Barat lainnya.

PO MPM menyediakan fasilitas yang sangat memanjakan penumpang, agar bisa nyaman dan aman sepanjang perjalanan. PO MPM sendiri melayani berbagai perjalanan mudik dari Sumatera Barat, seperti Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Lubuk Basung, Solok, Payakumbuh, Bukittinggi dan sebagainya.

Untuk layanan mudik Lebaran, PO MPM menyediakan rute dari kawasan Jabodetabek ke Sumatera Barat, begitu pun sebaliknya. Harga tiketnya sendiri berkisar antara Rp500.000 - Rp900.000.

3. PO ANS

PT. Anas Nasional Sejahtera (AMS) sudah hadir sejak tahun 1960. Perusahaan Otobus (AMS) tersebut didirikan oleh Anas Sultan Jamaris di Bukittinggi. Kemudian, PO hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumbar dalam bepergian dan juga pengiriman barang.

Sementara itu, PO ANS pun pernah membuka rute terjauh di Indonesia, yakni dari Aceh hingga Denpasar, Bali. Selain itu ada beberapa rute yang ditawarkan dari Jabodetabek menuju Sumatera Barat

Seperti yang dikutip dari Instagram, harga tiket jurusan Jakarta-Sumatera Barat, dibanderol dari mulai Rp500.000 hingga Rp600.000. Adapun rute yang disediakan cukup beragam.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek