Pemprov DKI Berangkatkan 284 Bus Mudik Gratis, Kadishub: Animo Masyarakat Tinggi - Viva

 

Pemprov DKI Berangkatkan 284 Bus Mudik Gratis, Kadishub: Animo Masyarakat Tinggi

Senin, 17 April 2023 - 22:01 WIB
Oleh :
Program mudik gratis Pemprov DKI tahun 2023.
Sumber :
  • Instagram @dishubdkijakarta
Share :

VIVA Nasional - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar program mudik gratis tahun ini. Sebanyak 13.541 orang diberangkatkan dari kawasan Monas, Jakarta, Senin pagi tadi.

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono ditemani Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo lakukan pelepasan mudik gratis tersebut. Lebih dari 13 ribu pemudik itu dilepas dengan 284 bus tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Palembang, hingga Lampung.

Baca Juga :

“Alhamdulillah, pemberangkatan mudik gratis berjalan lancar dan sukses. Jumlah penumpang pada hari ini akan dilepas 13.541 penumpang dengan 284 bus,” kata Syafrin Liputo di Jakarta, Senin, 17 April 2023.

Dia mengatakan jumlah pemudik yang ikut program gratis Pemprov DKI serentak berangkat ke 19 kota/kabupaten di Indonesia. Pun, ia mengatakan tugas berikutnya adalah penyelenggaraan arus balik. 

Syafrin bilang, nanti terdapat 10.623 peserta arus balik. Dengan demikian, menurutnya total ada 24.164 peserta mudik gratis yang terdiri dari penumpang keberangkatan serta arus balik. 

"Animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi. Dari hasil verifikasi, terdapat 24.164 penumpang yang akan mudik atau meningkat 25,3 persen dari target," jelas Syafrin.

Program mudik gratis Pemprov DKI tahun 2023.

Photo :
  • Instagram @dishubdkijakarta

Menurut dia, jumlah penumpang mudik gratis Pemprov DKI tahun ini lampaui target dari yang sebelumnya ditetapkan. Ia menyebut dari hasil verifikasi dan klarifikasi data, tercatat ada 28.506 pendaftar. Sementara, target yang ditetapkan hanya sebanyak 19.280 penumpang.

Lebih lanjut, dia menambahkan akibat tingginya animo masyarakat, Pemprov DKI kekurangan armada bus. Sebab, jumlah yang dianggarkan hanya 484 unit. Namun, kata dia, Pemprov DKI dapat 13 bus tambahan dari BUMD DKI. 

Selain bus mudik gratis, Syafrin menyampaikan pihaknya sudah melepaskan truk untuk mengangkut sepeda motor pada Minggu, 16 April 2023. Adapun saat melepas para pemudik gratis pada Senin pagi tadi, Pj Gubernur DKI Heru Budi didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Berikut daftar daerah tujuan mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta:

Provinsi Sumatera Selatan ada Bandar Lampung dan Palembang. Jawa Barat ada Kuningan dan Tasikmalaya. Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen,  Wonogiri, Wonosobo dan Yogyakarta. Jawa Timur ada Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Puncak Arus Mudik

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Latif Usman menyampaikan puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 diprediksi terjadi pada 18-21 April 2023. Dia berharap masyarakat yang mudik sudah berangkat menuju kampung halaman sebelum 18 April.

“Diharap sudah dari kemarin mudik tetapi nanti kan mulai puncaknya besok 18, 19, 20, itu yang sampai 21 April 2023,” kata Latif di sela-sela acara program mudik gratis Pemprov DKI di Monas, Jakarta.

Dia menyebut untuk pemudik dengan sepeda motor belum memperlihatkan ada lonjakan. "Ya, hari ini masih landai," katanya. 

Adapun Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan 1.500 personel khusus untuk pengamanan lalu lintas pada masa mudik dan arus balik Lebaran. Dia bilang, kemacetan arus mudik terjadi di tol Cikampek dan jalan arteri Halim Lama, Kalimalang sampai Bekasi-Karawang.

"Nanti secara keseluruhan ada 1.500 personel. Itu udah dibagi seluruhnya khusus lalu lintas. Tapi secara keseluruhan polisi (Polda Metro Jaya) 6 ribu sekian personel," ujarnya.
 

Baca Juga :

Baca Juga

Komentar