Sahabat Ganjar Manfaatkan Aplikasi SIMDIK untuk Pendataan Mudik Gratis - detik

 

Sahabat Ganjar Manfaatkan Aplikasi SIMDIK untuk Pendataan Mudik Gratis

By Dea Duta Aulia
detik.com
April 15, 2023
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta -

Relawan Sahabat Ganjar (SAGA) manfaatkan aplikasi SIMDIK atau Sistem Mudik SAGA 2023 untuk mempermudah proses pendataan Mudikers GP. Adapun keunggulan aplikasi tersebut mampu mengkategorikan pemudik, verifikasi jenis pekerjaan, kota tujuan, dan lainnya.

Sebelumnya, SAGA mengadakan Mudik Gratis Bersama Sahabat Ganjar, bertemakan Mudikers GP. Mudik Gratis Sahabat Ganjar 2023 kali ini diminati puluhan ribu pemudik dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung dan Sumatera Selatan. Ribuan Mudikers GP ini telah mengikuti rangkaian pendaftaran Mudik Gratis Bersama Sahabat Ganjar di mulai dari pendaftaran di web Sahabat Ganjar.

"Keunggulan kedua (aplikasi SIMDIK), mempermudah pemudik dan panitia keberangkatan dalam menentukan kuota bus yang tersedia, sesuai bus dengan kota tujuan yang benar sehingga tidak terjadi kesalahan. Aplikasi ini juga menyaring adanya pemudik gelap yang tidak terdaftar," kata seorang Relawan Sahabat Ganjar sekaligus Juru Bicara SAGA Mahatir dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/4/2023).

Ia menjelaskan website Sistem Mudik Sahabat Ganjar mempunyai sejumlah fitur seperti data pemudik yang melakukan pendaftaran awal melalui website. Setidaknya pihaknya mencatat ada 26.801 pemudik yang melakukan pendaftaran awal.

"Setelah itu, tim Mudikers GP Sahabat Ganjar membuka pendaftaran ulang di beberapa daerah seperti Jakarta, Kota Bandung, Depok dan Cikarang Bekasi bagi pemudik melakukan registrasi ulang dan sudah terverifikasi di website Sistem Mudik," jelasnya.

Selain itu, terdapat juga fitur Tambah Pemudik dengan menggunakan Embrace Teknologi OCR. Fitur tersebut hadir untuk pemudik yang tidak melek teknologi dan belum melakukan pendaftaran awal. Sehingga tetap bisa mendapatkan fasilitas registrasi yang sama dengan pemudik lainnya.

Adapun sistem pembagian bus ditentukan berdasarkan kota tujuan. Di mana setiap tiket diberikan barcode untuk mencegah adanya penumpang/pemudik gelap. Relawan Sahabat Ganjar pun menghimbau kepada pemudik untuk dapat melakukan check in barcode dan membawa tiket yang sudah diberikan panitia pada saat keberangkatan 20 April 2023.

"Mudikers GP yang sudah terdaftar, dapat melakukan sistem check in saat hari keberangkatan pada tanggal 20 April pada pukul 5 pagi (WIB) menggunakan sistem mudik ini," tuturnya.

Terakhir, ia mengatakan para relawan turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dan selamat mudik bagi para pemudik.

"Kami Relawan Sahabat Ganjar, mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin, dan selamat melepas rindu bersama keluarga di kampung halaman," tutupnya.

(fhs/ega)

Baca Juga

Komentar