TGB Zainul Majdi Dukung KTT ASEAN Hasilkan Resolusi Konkret soal TPPO - inews

 

TGB Zainul Majdi Dukung KTT ASEAN Hasilkan Resolusi Konkret soal TPPO

ntb.inews.id
May 10, 2023
TGB Muhammad Zainul Majdi
TGB Muhammad Zainul Majdi

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi mendukung pembahasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Menurut TGB, harus ada resolusi konkret atau kesepakatan yang tertuang untuk menghadapi TPPO ini.

Dia menegaskan, Indonesia sebagai negara kepulauan sangat rentan dengan praktik TPPO.

"Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga punya kerentanan terkait tindak pidana perdagangan orang ini. Lagipula, banyak pelabuhan tikus yang bisa digunakan untuk menyelundupkan manusia," ujar TGB saat Tabligh Akbar di Lapangan Prian, Lombok Timur, Rabu (10/5/2023).

Politisi yang pernah menjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode itu menegaskan Indonesia perlu memperkuat pengawasan dan pengamanan di perbatasan serta di pelabuhan-pelabuhan. Tidak kalah penting adalah penegakan hukum terhadap segala aktivitas yang terkait dengan eksploitasi manusia termasuk tindak pidana perdagangan orang.

TPPO ini dinilai harus menjadi resolusi ASEAN lantaran penanganannya tidak bisa dilakukan oleh satu negara saja melainkan harus melibatkan negara-negara ASEAN.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNewsNTB di Google News

"Karena TPPO ini seringkali melibatkan sindikat antar-negara, melibatkan kelompok-kelompok besar, menggunakan dana besar, sehingga penanganannya harus melibatkan multi-bangsa," kata Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) itu.

Persoalan TPPO merupakan masalah yang real sehingga menjadi prioritas untuk dituntaskan. Apalagi secara kuantitatif kasusnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga

Komentar