Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Lepas Pantai Meksiko di Teluk California - inews

 

Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Lepas Pantai Meksiko di Teluk California

inews.id
June 18, 2023
Pusat gempa bumi yang terjadi di perairan Teluk California, Meksiko, Minggu
Pusat gempa bumi yang terjadi di perairan Teluk California, Meksiko, Minggu

MEXICO CITY, iNews.id – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang lepas pantai Meksiko di Teluk California, pada akhir pekan. Peristiwa itu terungkap lewat laporan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC).

Gempa terjadi pada pukul 13.30 Minggu (18/6/2023) waktu setempat atau pukul 04.30 Senin (19/6/2023) WIB. Gempa berada di kedalaman sekitar 10 km.

Menurut EMSC, pusat gempa tersebut terletak sekitar 186 km sebelah barat daya Kota Culiacan, ibu kota Negara Bagian Sinaloa. Kota Culiacan sendiri dihuni oleh sekitar 675.000 penduduk.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat kekuatan gempa yang lebih rendah daripada EMSC, yaitu pada magnitudo 6,3.

“Berdasarkan semua data yang tersedia, tsunami yang merusak di seluruh Pasifik diperkirakan tidak akan terjadi,” ungkap Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dalam sebuah pernyataan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS juga mengonfirmasi bahwa gempa itu tidak menimbulkan ancaman terhadap garis pantai AS.

Model komputer dari USGS menunjukkan bahwa gempa tersebut terlalu jauh dari daratan untuk menimbulkan dampak yang signifikan. Namun diperkirakan 1,9 juta orang di sepanjang pantai mungkin merasakan getaran ringan.

Sampai berita ini dibuat, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa itu.

Meksiko berada di Cincin Api Pasifik, busur garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik yang rawan gempa bumi besar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar