Heru Budi Klaim LRT Jabodebek Mampu Kurangi Kemacetan di Jakarta By BeritaSatu

 

Heru Budi Klaim LRT Jabodebek Mampu Kurangi Kemacetan di Jakarta

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Kereta ringan atau Light Rail Transit
Kereta ringan atau Light Rail Transit

Jakarta, Beritasatu.com - Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengeklaim Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek mampu mengurangi kemacetan di Jakarta.

Heru berpendapat, LRT Jabodebek akan menjadi pilihan bagi penduduk luar Jakarta yang menggunakan transportasi umum.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Menhub karena LRT Jabodebek ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang bekerja di Jakarta dan tinggal di sekitar lokasi tersebut," kata Heru kepada para wartawan di Stasiun LRT Halim, Rabu (28/6/2023).

"Dengan adanya LRT ini, secara otomatis akan mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta, yang pada akhirnya mengurangi kemacetan. Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkannya," tambahnya.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sejalan dengan pendapat Heru Budi, juga meyakini LRT Jabodebek akan mampu mengatasi kemacetan.

Budi menyatakan, LRT Jabodebek nantinya akan mengangkut penumpang secara massal dengan total jumlah penumpang harian mencapai 500.000 orang.

"LRT Jabodebek akan mampu mengangkut 500.000 penumpang per hari. Dengan begitu, KRL dan LRT secara keseluruhan akan melayani sekitar 1,7 juta penumpang," ujarnya.

"Artinya, jumlah penumpang yang akan diangkut akan lebih besar dan akan membantu mengurangi kemacetan," lanjutnya.

LRT Jabodebek memiliki dua jalur, yaitu jalur hijau (green line) dan jalur biru (blue line). Jalur hijau melayani perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas hingga Stasiun Jatimulya, sedangkan jalur biru melayani perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas hingga Stasiun Harjamukti.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

LRT Jabodebek menawarkan perjalanan yang cepat dan efisien dengan menggunakan teknologi transportasi terkini, yang bertujuan untuk mempermudah mobilitas masyarakat.

Sementara itu, tarif yang akan diberlakukan berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 untuk satu kali perjalanan. Namun, tarif tersebut masih sedang dalam tahap pengkajian.

LRT Jabodebek akan menunggu keputusan resmi dari Kementerian Perhubungan mengenai tarif yang akan ditetapkan.

Jam operasional LRT Jabodebek hingga Desember 2023 dijadwalkan akan dimulai setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga 23.15 WIB.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar