Kaesang Siap Maju Cawalkot Depok, PDIP Akan Terapkan Kaderisasi By CNN Indonesia

 

Kaesang Siap Maju Cawalkot Depok, PDIP Akan Terapkan Kaderisasi

By CNN Indonesia

Sabtu, 10 Jun 2023 15:55 WIB

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang akan maju menjadi calon wali kota Depok, Bogor. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi kesiapan Kaesang Pangarep yang akan maju menjadi calon wali kota Depok, Bogor. PDIP akan menerapkan proses kaderisasi kepada putra Presiden Joko Widodo itu sebelum maju sebagai cawalkot Depok.

"Bagi PDI Perjuangan siapa pun yang akan menjadi calon kepala daerah, termasuk misalnya Mas Kaesang dan sebelumnya Mas Gibran, partai menerapkan mekanisme kaderisasi," kata Hasto usai menghadiri acara peresmian kapal rumah sakit di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6).

Hasto mengatakan mekanisme kaderisasi itu diterapkan melalui sekolah partai. Sejumlah pengajar di sekolah itu merupakan kader PDIP, bebera di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

"Jadi semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya," ujar Hasto.

Namun dia mengatakan yang menjadi skala prioritas PDIP saat ini adalah memenangkan pileg dan pilpres. Kemudian pada November 2023, pihaknya baru akan membahas tentang pilkada.

"Sekiranya Mas Kaesang tertarik ya akan kita ikutkan dalam suatu proses pendidikan dan kaderisasi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin," katanya.

Hasto enggan menjawab ketika ditanya soal apakah Kaesang sudah berkomunikasi dengan PDIP.

Kaesang Pangarep telah menyatakan kesiapannya menjadi wali kota Depok. Hal itu ia sampaikan lewat video di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat berjudul 'Klarifikasi, Saya Buka Suara'.

Baliho besar Kaesang Pangarep di kawasan Margonda Depok. (Arsip PSI) Baliho besar Kaesang Pangarep di kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat. (Foto: Arsip PSI)

Dalam video yang diunggah pada Jumat (9/6), Kaesang menyatakan sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga besarnya untuk maju sebagai orang pertama di wilayah yang dijuluki Kota Belimbing tersebut.

"Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah dapat izin dan restu dari keluarga saya. Insyallah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka," kata Kaesang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo berencana menduetkan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri (SS) bila ingin maju di Pilkada Depok 2024.

"Wacana Kaesang mau ke Depok jadi wali kota bagus juga itu. Nanti disandingkan dengan Pak SS [Supian Suri]," kata Hendrik kepada CNNIndonesia.com, Rabu (12/4).

(nsa/pmg)

TOPIK TERKAIT

Baca Juga

Komentar