Tiongkok Mengebor Lubang Sedalam 10.000 Meter ke Kerak Bumi, Apa yang Dicari? By BeritaSatu

 

Tiongkok Mengebor Lubang Sedalam 10.000 Meter ke Kerak Bumi, Apa yang Dicari?

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Planet Bumi.
Planet Bumi.

Beijing, Beritasatu.com - Ilmuwan Tiongkok telah mulai mengebor lubang 10.000 meter (32.808 kaki) ke dalam kerak bumi, saat negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini mengeksplorasi perbatasan baru di atas dan di bawah permukaan planet.

Pengeboran untuk apa yang ditetapkan sebagai lubang bor terdalam Tiongkok dimulai di wilayah Xinjiang yang kaya minyak di negara itu pada hari Selasa, menurut Kantor Berita resmi Xinhua.

Pada pagi itu juga, Tiongkok mengirim astronaut sipil pertamanya ke luar angkasa dari Gurun Gobi.

Poros sempit ke dalam tanah akan menembus lebih dari 10 strata benua, atau lapisan batuan, menurut laporan tersebut, dan mencapai sistem kapur di kerak bumi, yang menampilkan batu berumur sekitar 145 juta tahun.

“Kesulitan konstruksi proyek pengeboran dapat dibandingkan dengan truk besar yang berjalan di atas dua kabel baja tipis,” kata Sun Jinsheng, seorang ilmuwan di Akademi Teknik China, kepada Xinhua.

Proyek ini akan memberikan data tentang struktur internal Bumi, sementara juga menguji teknologi pengeboran bawah tanah yang dalam, menurut China National Petroleum Corp., yang memimpin proyek tersebut.

Pengeboran diperkirakan memakan waktu 457 hari.

Presiden Xi Jinping menyerukan kemajuan yang lebih besar dalam eksplorasi Bumi dalam dalam pidatonya yang ditujukan kepada beberapa ilmuwan terkemuka negara itu pada tahun 2021. Pekerjaan semacam itu dapat mengidentifikasi sumber daya mineral dan energi serta membantu menilai risiko bencana lingkungan, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Lubang buatan manusia terdalam di Bumi masih berupa Lubang Bore Superdeep Kola Rusia, yang mencapai kedalaman 12.262 meter (40.230 kaki) pada tahun 1989, setelah 20 tahun pengeboran.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek