BRI-Pegadaian Hadirkan Produk Unggulan Bagi Nasabah Prioritas - CNBC Indonesia

 

BRI-Pegadaian Hadirkan Produk Unggulan Bagi Nasabah Prioritas

By Khoirul Anam, CNBC Indonesia

Foto: Manjakan Nasabah Prioritas, BRI-Pegadaian Hadirkan 5 Layanan Unggulan (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memperkuat sinergi dan kerja sama dengan PT Pegadaian untuk meningkatkan layanan bagi nasabah BRI Prioritas dan BRI Private. Melalui kerja sama ini, layanan bagi nasabah BRI Prioritas dan BRI Private diperluas ke real asset sebagai pelengkap instrumen investasi yang sudah ada.

Department Head Wealth Management BRI, Fatah Aji mengatakan kerja sama BRI dan Pegadaian sebagai bagian dari upaya BRI menjadi Integrated Financial Solution Provider yang dapat memberikan solusi keuangan komprehensif bagi nasabah. Adapun dalam kerja sama ini, terdapat lima jenis produk dan layanan Pegadaian yang dapat diakses oleh nasabah BRI Prioritas dan nasabah BRI Private, di antaranya Tabungan Emas, Cicil Emas, Gadai Luxury, Gadai Efek, dan G-Lab.

"Kami lihat profil nasabah prioritas dan private kami selain berinvestasi pada instrumen finansial, mereka mengalokasikan sebagian aset dalam bentuk real asset, seperti emas, properti, batu permata. Bahkan tidak sedikit yang koleksi item luxury," ungkapnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.


Fatah pun menjelaskan tiap-tiap layanan yang dihadirkan dalam kerja sama tersebut. Pertama untuk produk Tabungan Emas, di mana nasabah bisa langsung melakukan pembelian emas. Sehingga melalui produk ini, nasabah tidak perlu repot menyimpan aset emas fisiknya dan tidak perlu khawatir akan kehilangan aset tersebut.

"Jadi, konsepnya adalah tabungan emas ini seperti tabungan biasa. Tapi ketika setor dana, itu langsung dikonversi menjadi emas dengan harga emas saat itu," jelas dia.

Di samping sebagai tabungan, emas tersebut juga bisa untuk ditransfer ke sesama nasabah. Adapun ketika ditransfer, emas tersebut tidak berubah bentuk menjadi rupiah, melainkan tetap berupa emas.

Selanjutnya adalah produk Cicil Emas yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mencicil emas. Adapun dalam produk ini, harga emas dikunci dari awal sehingga nilai cicilan emas nasabah tidak mengalami fluktuasi.

"Ini cocok bagi nasabah yang ingin melakukan hedging dengan instrumen emas, tapi tidak ada kekhawatiran naik turunnya emas. Sehingga bisa mendapatkan harga emas mulai dari 0,5 gram sampai 1 kg, itu bisa dibeli melalui cicil. Dengan harga di-lock di awal, ini memberikan kepastian berapa yang dicicil nasabah setiap tahunnya," jelas Fatah.

Sedangkan produk Gadai Luxury dan Gadai Efek dapat membantu nasabah untuk melakukan gadai tanpa harus kehilangan nilai aset tersebut. Menurut dia produk ini sesuai bagi nasabah yang memiliki kebutuhan untuk dana darurat atau jangka pendek, tetapi tidak ingin menjual aset tersebut.

Terakhir adalah produk G-Lab, yang dapat membantu nasabah memastikan keaslian sekaligus mendapatkan sertifikasi dari aset batu permata mereka. Sehingga nasabah bisa dengan mudah melakukan penjualan kembali aset tersebut setelah dilengkapi sertifikasi.

Fatah menjelaskan dalam kerja sama ini, BRI menyediakan financial advisor bagi nasabah untuk kelima layanan tersebut. Financial advisor tersebut nantinya akan mereferensikan produk dan layanan kepada nasabah.

Sementara itu, kriteria nasabah yang bisa mendapatkan layanan ini adalah mereka yang memiliki dana kelolaan minimal Rp 500 juta yaitu nasabah BRI Prioritas dan yang memiliki dana kelolaan di atas Rp 15 miliar atau nasabah BRI Private. Adapun dana kelolaan tersebut tidak hanya dalam bentuk simpanan, melainkan bisa berupa instrumen investasi dan proteksi.

"Di tahap awal kami sediakan layanan khusus bagi nasabah BRI Prioritas dan BRI Private, dimana nasabah akan mendapatkan informasi melalui financial advisor terkait layanan pegadaian yang kemudian akan ditindak lanjuti oleh Marketing Officer PT Pegadaian. Jadi tidak perlu datang ke kantor Pegadaian," jelas Fatah.


(rah/rah)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek