Spesifikasi Kapal Selam Nuklir AS USS Kentucky, Bikin Korut Murka Tembakkan Rudal - inews

 

Spesifikasi Kapal Selam Nuklir AS USS Kentucky, Bikin Korut Murka Tembakkan Rudal

inews.id
July 25, 2023
Spesifikasi kapal selam rudal balistik nuklir
Spesifikasi kapal selam rudal balistik nuklir

JAKARTA, iNews.id - Spesifikasi kapal selam rudal balistik nuklir (SSBNAmerika Serikat (AS) USS Kentucky menarik diketahui. AS mengirim USS Kentucky ke Korea Selatan (Korsel) pekan lalu sebagai bentuk komitmen dalam melindungi sekutunya di kawasan dari ancaman nuklir Korea Utara (Korut).

Sebagai respons, Korut menembakkan dua rudal balistik pada Rabu (19/7/2023), jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Kedatangan kapal USS Kentucky (SSBN 737) di pangkalan angkatan laut Busan, 320 km sebelah tenggara Seoul, menandai kunjungan pelabuhan pertama kapal selam SSBN AS ke Korsel sejak USS Robert E Lee pada Maret 1981.

Angkatan Laut (AL) AS diketahui mempunyai 14 kapal selam SSBN. Delapan unit di antaranya berbasis di Negara Bagian Washington, sedangkan enam kapal di Georgia.

USS Kentucky merupakan kapal selam rudal balistik kelas Ohio. Kapal yang memulai tugas perdananya pada Juli 1991 itu dipimpin Kapten Michael G Riegel yang mengepalai kru Biru serta Kapten Joseph Henry yang memimpin kru Emas.

AL AS menyatakan, kapal selam kelas Ohio ini dirancang menghabiskan rata-rata 77 hari di laut dan 35 hari untuk pemeliharaan di pelabuhan. Kapal mempunyai dua kelompok kru, yaitu biru dan emas, yang dirotasi secara rutin. Rotasi tersebut dilakukan agar 155 awak kapal selam mendapatkan istirahat hingga pelatihan yang layak.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Kapal USS Kentucky ditenagai dengan satu reaktor nuklir S8G PWR, dua turbin roda gigi, satu motor bantu 325 hp (242 Kw), serta satu poros 60.000 shp (45.000 kW).

Kapal yang mempunyai kecepatan lebih dari 25 knot atau sekitar 46 km per jam ini juga dilengkapi persenjataan Torpedo MK-48 dan rudal balistik Trident II D-5.

Kapal selam ini memiliki panjang 170 meter, lebar 13 meter, dan tinggi 11 meter.

Pada 2009, USS Kentucky mendapat penghargaan Piala Omaha untuk keunggulan dalam pencegahan strategis. Tak hanya itu, kapal selam ini juga menerima Battle Efficiency Award (Battle E) untuk Submarine Skuadron (Subron) 17.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar