Kebakaran Hutan Tewaskan 6 Orang di Hawai dan Merusak Bangunan Bersejarah - Jawa Pos

 

Kebakaran Hutan Tewaskan 6 Orang di Hawai dan Merusak Bangunan Bersejarah

By Roissatul Fitriyani
jawapos.com
August 10, 2023
Kebakaran hutan di Hawaii.
Kebakaran hutan di Hawaii.

JawaPos.com – Kebakaran hutan yang melanda 'jantung' pulau Maui di Hawai pada hari Rabu (9/8), membuat sebagian besar kota bersejarah tersebut hangus. Bahkan memaksa penduduknya melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Setidaknya enam orang dilaporkan meninggal dan puluhan orang terluka. Sedangkan 271 bangunan rusak akibat kebakaran yang melanda pulau tersebut.

Kebakaran terus merembet pada Rabu sore, hal ini dipicu oleh angin kencang dari Badai Dora yang melewati Selatan Pulau Hawaii. Para pejabat juga khawatir korban jiwa akan terus bertambah.

Gubernur Sylvia Luke mengatakan api telah memusnahkan komunitas, dan mendesak para wisatawan menjauh. Ia juga mengatakan pulau tersebut bukan lagi tempat yang aman.

Dilansir dari AP News, Kamis (10/8), video udara dari pesisir Lahaina menunjukkan puluhan rumah dan bisnis rata dengan tanah, termasuk di Front Street tempat turis berbelanja. Tumpukan puing berasap tinggi berada di tepi pantai, perahu-perahu di pelabuhan hangus, dan kepulan asap tebal terlihat di atas kerangka pohon yang habis dilalap api.

“Mengerikan. Saya telah terbang ke sini selama 52 tahun dan saya belum pernah melihat sesuatu yang mendekati itu. Kami meneteskan air mata, pilot lain di pesawat dan mekanik, dan saya,” kata Richad Olsten, seorang pilot helikopter untuk sebuah perusahaan pariwisata.

Departemen Pertahanan Negara Bagian Hawai belum dapat mengetahui penyebab kebakaran yang melanda pulau Muai, tetapi sejumlah faktor dapat menjadi pemicu kebakaran tersebut. Angin kencang, kelembapan rendah dan vegetasi kering memungkinkan menjadi penyebab kebakaran. Para ahli juga mengatakan perubahan iklim meningkatkan kemungkinan dari cuaca ekstrem.

Menurut Institute Perubahan Iklim Oregon di Oregon State University mengungkapkan bahwa perubahan iklim di dunia meningkatkan keringnya vegetasi dan sebagian besar daerah mengalami panas berlebih. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan semuanya menjadi cepat kering.

Kebakaran yang menyapu dengan ganas dan mengkhawatirkan daerah tersebut telah melintasi bangunan kayu di pusat kota Lahania yang berasal dari tahun 1700-an dan masuk dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional.

Bandara Kahului telah menjadi penampungan sementara bagi para turis yang penerbangannya dibatalkan atau yang baru saja tiba di pulau tersebut. Pejabat setempat juga telah mempersiapkan Hawaii Convetion Center di Honolulu untuk menampung 4000 orang termsuk turis dan warga lokal yang terlantar.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek