Lubang Hitam Lahap Seluruh Alam Semesta, NASA Buka Faktanya - CNBC Indonesia

 

Lubang Hitam Lahap Seluruh Alam Semesta, NASA Buka Faktanya

Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
Tech
Rabu, 09/08/2023 20:20 WIB
Foto: Ilustrasi black hole (Photo by NASA Via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lubang hitam atau kerap disebut 'black hole' diketahui bisa memakan obyek antariksa di sekitarnya. Bahkan, ada kekhawatiran bahwa black hole akan melahap seluruh alam semesta.

Namun, NASA memastikan hal itu tak akan terjadi. Profesor astronomi York University, Paul Delaney, memberikan analogi ketika Matahari berubah jadi lubang hitam. Menurut dia, dampaknya tidak akan dirasakan pada Bumi.

"Jika Matahari kita [secara ajaib] berubah menjadi lubang hitam dengan massa yang sama, planet kita tidak akan merasakan perubahan apapun," jelasnya, dalam sebuah artikel, dikutip dari Live Science, Rabu (9/8/2023).

"Tentu saja Bumi akan sangat gelap dan dingin. Namun, gravitasi lubang hitam pada jarak Bumi ke Matahari tidak akan menyebabkan dampak sama sekali," lanjutnya.

Fisikawan dari University of Rhode Island, Gaurav Khanna, juga memberikan alasan yang sama. Dia menjelaskan ada yang salah dengan gagasan lubang hitam yang kita kenal saat ini. 

Ia menegaskan bahwa gravitasi lubang hitam yang kuat tidak akan membuat obyek tersebut melahap seluruh benda yang dalam orbit yang sama. Black hole hanya bisa menelan benda-benda yang berada di sekitarnya. 

"Lubang hitam hanya menelan obyek yang sangat dekat," kata Khanna. Dia juga menambahkan tidak perlu mengkhawatirkan soal lubang hitam yang akan menelan alam semesta.

Baca Juga

Komentar