PM Israel Netanyahu Tegur Menlunya karena Bertemu Menteri Libya Diam-Diam - inews

 

PM Israel Netanyahu Tegur Menlunya karena Bertemu Menteri Libya Diam-Diam

inews.id
September 3, 2023
Benjamin Netanyahu menyalahkan Menlu Eli Cohen yang bertemu mitranya dari Libya, Najla Mangoush, secara diam-diam
Benjamin Netanyahu menyalahkan Menlu Eli Cohen yang bertemu mitranya dari Libya, Najla Mangoush, secara diam-diam

TEL AVIV, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyalahkan menteri luar negerinya (menluEli Cohen yang bertemu mitranya dari LibyaNajla Mangoush. Pertemuan diam-diam itu terungkap setelah kantor Kemlu Israel mengeluarkan pernyataan pada 26 Agustus lalu yang dikutip media.

Pertemuan yang berlangsung di Italia pada awal Agustus itu berbuntut pemecatan Mangoush oleh Perdana Menteri Abdulhamid Al Dbeibah. Libya tak mengakui keberadaan Israel, sebaliknya mendukung berdirinya negara Palestina. Libya juga tak memiliki hubungan diplomatik dengan negara Yahudi tersebut.

“Ini tidak membantu, sekarang sudah jelas,” kata Netanyahu, kepada stasiun televisi Siprus, ANT1, saat ditanya tentang anak buahnya, seperti dilaporkan kembali Reuters, Minggu (3/9/2023).

Netanyahu mengaku telah mengeluarkan arahan kepada semua menteri, pertemuan seperti itu harus disetujui terlebih dahulu oleh kantor perdana menteri. Bukan hanya itu, publikasi berita pertemuan juga harus mendapat persetujuan darinya.

Para pengamat mengatakan, Al Dbeibah dan para pemimpin Libya lainnya berusaha membangun hubungan dengan Israel. Harapannya Amerika Serikat akan mendukung mereka terkait perpecahan politik dalam negeri Libya.

Sementara itu dalam posting-an di media sosial pada 28 Agustus, Cohen membela kantornya atas publikasi pertemuan dengan Mangoush.

"(Kementerian) Selalu bekerja dengan terbuka dan rahasia, dan berbagai cara yang bijaksana, untuk meningkatkan hubungan luar negeri Israel," kata Cohen.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar