Kabar Mentan SYL Jadi Tersangka Disebut Bagian Politisasi, PDIP Lebih Percaya KPK By BeritaSatu

 

Kabar Mentan SYL Jadi Tersangka Disebut Bagian Politisasi, PDIP Lebih Percaya KPK

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 30, 2023
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto.

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara soal tuduhan politisasi terkait kabar penetapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka dugaan korupsi atas kasus pemaksaan dalam jabatan atau pemerasan. Hasto mengatakan pihaknya lebih percaya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bekerja berdasarkan alat bukti dan fakta-fakta hukum yang ada.

"Karena dengan integritas dari KPK, apapun mau dikatakan ya selama fakta-fakta hukumnya ada, KPK tidak akan mungkin mengambil suatu tindakan tanpa suatu bukti-bukti materil yang kuat terkait kasus korupsi, kami percaya pada KPK," ujar Hasto di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Hasto mengakui jika PDIP juga pernah mengalami kadernya ditetapkan menjadi tersangka korupsi oleh KPK. Hanya saja, kata dia, PDIP mengambil sikap mawas diri dan melakukan perbaikan internal.

"Ya PDIP kan juga belajar dari persoalan yang terjadi di PDIP. Kami pernah mengalami itu, tetapi yang kami lakukan adalah mawas diri melakukan perbaikan-perbaikan internal," tandas Hasto.

Dibanding menuduh KPK melakukan politisasi, Hasto mengatakan pihaknya lebih fokus melakukan evaluasi internal untuk mencegah tindak pidana korupsi.

"Meskipun ini terjadi pada menteri partai lain, tetapi PDIP tetap melakukan evaluasi ke dalam, belajar, hari ini kami mengingatkan pada tiga pilar partai untuk tidak melakukan korupsi," pungkas Hasto.

KPK dikabarkan sudah menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Seorang sumber yang dikonfirmasi Beritasatu.com membenarkan kabar tersebut. Namun, sumber itu belum membeberkan mengenai perkara yang menjerat SYL.

Jubir KPK Ali Fikri memastikan pihaknya terus mencari bukti terkait kasus mentan. Pencarian bukti ini dilangsungkan di tengah kabar penetapan tersangka SYL terkait kasus dugaan korupsi di Kementan.

Baca Juga

Komentar