Presiden FIFA Sebut Pusat Latihan Timnas di IKN Penting untuk Pengembangan Pemain - Beritasatu

Presiden FIFA Sebut Pusat Latihan Timnas di IKN Penting untuk Pengembangan Pemain

Jumat, 10 November 2023 | 12:48 WIB
Penulis: Thomas Rizal | Editor: RZL
Presiden FIFA Gianni Infantino seusai menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 10 Oktober 2023.
Presiden FIFA Gianni Infantino seusai menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 10 Oktober 2023. (Antara / Yashinta Difa Pramudyani)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut pembangunan pusat latihan tim nasional sepak bola Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi faktor krusial dalam pengembangan pesepak bola muda.

ADVERTISEMENT

"Ketika negara yang memiliki talenta seperti Indonesia, maka sangat penting memastikan adanya pusat latihan tempat pemain muda dapat berlatih bersama. Kita berbicara tentang pengembangan sepak bola wanita dan pria," kata Gianni Infantino setelah menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

BACA JUGA

FIFA turut berperan dalam pembangunan National Training Center IKN dengan menyumbangkan dana sebesar Rp 85,6 miliar melalui program FIFA Forward yang diberikan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Angka itu menjadi sumbangan terbesar FIFA di Asia Tenggara.

ADVERTISEMENT

Gianni menyatakan bahwa melalui proyek pusat latihan ini, FIFA berkolaborasi dengan PSSI untuk memastikan para pemain bola terbaik dapat berlatih dan bermain bersama, serta bersaing di tingkat internasional.

"Pusat latihan ini sebuah proyek penting yang dibiayai oleh FIFA," kata Infantino.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan National Training Center di IKN beberapa, 22 September 2023 menyampaikan bahwa pusat latihan ini merupakan investasi bangsa menuju prestasi tim nasional (timnas) Indonesia yang bersinar di kancah dunia.

Jokowi menekankan pentingnya manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola untuk meraih prestasi di tingkat internasional.

National Training Center di IKN sedang dibangun di lahan seluas 34,5 hektare, dilengkapi dengan delapan lapangan dan fasilitas pendukung terintegrasi dengan pembangunan IKN.

BACA JUGA

Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan pembangunan fasilitas olahraga di IKN ini menjadi kepercayaan dari FIFA dalam melihat transformasi sepak bola Indonesia yang lebih profesional dan berprestasi.

"Saya percaya ini merupakan simbol bahwa komunitas internasional, khususnya FIFA, memiliki keyakinan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara dan ini adalah langkah yang sangat positif," ujar Erick Thohir.

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek