Boeing Minta Maaf dan Menyesal Usai Insiden Alaska Airlines - detik

 

Boeing Minta Maaf dan Menyesal Usai Insiden Alaska Airlines

bonauli - detikTravel
Senin, 29 Jan 2024 12:24 WIB
Boeing 737 Max 9 dari Alaska Airlines
Jakarta -

Kasus jendela copot di angkasa Boeing 7373 MAX 9 Alaska Airlines bikin geger. Boeing minta maaf.

"Fokus jangka panjang kami adalah meningkatkan kualitas sehingga kami dapat memperoleh kembali kepercayaan pelanggan, regulator dan masyarakat penerbangan," tulis, Stan Deal, CEO unit komersial Boeing, dalam catatan kepada staf dan dikutip dari Channel News Asia pada Senin (29/1/2024).

Setelah ledakan pesawat Alaska Airlines, 171 unit pesawat Boeing 7373 MAX 9 sempat dilarang terbang. Unit tersebut datang dari maskapai Alaska Airlines dan United Airlines. Setelah diinspeksi ditemukan baut-baut copot. Tetapi, kini pesawat-pesawat iu mulai kembali ke layanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baca juga:

"Terus terang, kami telah membuat kecewa dan membuat semuanya merasa rugi. Kami sangat menyesal," kata dia.

Para analisis mengatakan bahwa gangguan pada Boeing 737 MAX 9 dapat merugikan penerbangan hingga jutaan dolar.

Dalam kesepakatan Boeing sejak insiden Alaska Airlines, beberapa langkah telah diambil untuk memperkuat jaminan dan kontrol kualitas.

Langkah-langkah tersebut termasuk menambahkan tingkat pemeriksaan kualitas baru untuk model-model yang terkena dampak. Boeing juga menunjuk seorang purnawirawan angkatan laut, Kirkland Donald untuk mengawasi peninjauan independen terhadap praktik keselamatan dan kualitas Boeing.

"Minggu ini, 10.000 karyawan Boeing yang mengerjakan produksi 737 MAX menghentikan pekerjaan mereka selama sehari untuk membahas cara-cara meningkatkan praktik keselamatan, penurunan kualitas pada skala yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," kata Deal.

Menyusul Alaska Airlines dan United Airlines, Aeromexico dan Turkish Airlines akan mengembalikan 737 MAX 9 ke layanan dalam beberapa hari mendatang. Maskapai Indonesia Lion Air juga telah mengembalikan pesawat itu untuk terbang.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar