Cak Imin Soroti 2.500 Tambang Ilegal: Yang Legal Saja Tidak Menyejahterakan - Inilah

 

Cak Imin Soroti 2.500 Tambang Ilegal: Yang Legal Saja Tidak Menyejahterakan


Oleh
Share

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat berbicara dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam (21/1/2024). (Foto: Inilah.com/Vonita Betalia)

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) membeberkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menunjukkan ada 2.500 tambang ilegal di Indonesia.

"Sementara tambang yang tidak ilegal saja tidak membawa kesejahteraan," kata Cak Imin dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), senayan, GBK, Jakarta Pusat, Minggu malam (21/1/2024).

Selain itu, Cak Imin mengatakan, proses penambangan dan hilirisasi yang dilakukan ugal-ugalan, merusak lingkungan, didominasi tenaga kerja asing, hingga menyebabkan kecelakaan pekerja.

Advertisement

"Di sisi lain juga perkembangan organisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Cak Imin menjelaskan, di Sulawesi Tengah pertumbuhan ekonominya saat ini bisa mencapai 13 persen. Meski begitu, masyarakat tetap miskin tidak dapat menikmati hasil dari pertumbuhan tersebut.

"Hilirisasi apa yang harus kita lakukan sementara ilegal juga terus berlangsung," ujar Cak Imin menegaskan.

Baca Juga:

Diketahui, debat keempat ini diikuti tiga cawapres peserta Pilpres 2024 yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Tema debat keempat membahas soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Secara keseluruhan, KPU menggelar lima kali debat Pilpres 2024. Dari lima kali debat, tiga di antaranya diikuti para capres, sedangkan dua debat diperuntukkan bagi cawapres. Meski demikian, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat.

Baca Juga:

Baca Juga

Komentar