Cek Fakta Debat Cawapres: Ini Maksud Green Jobs yang Disebut Gibran Jadi Peluang Kerja Baru - Beritasatu

 

Cek Fakta Debat Cawapres: Ini Maksud Green Jobs yang Disebut Gibran Jadi Peluang Kerja Baru

Minggu, 21 Januari 2024 | 20:15 WIB
H
H
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam agenda debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam, calon wakiol presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyoroti pentingnya agenda hilirisasi, pemeratan pembangunan, hingga transisi menuju ekonomi hijau yang diyakini bisa menciptakan 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan. Dari jumlah tersebut, 5 juta di antaranya adalah green jobs.

ADVERTISEMENT

"Green jobs adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green jobs adalah tren, peluang kerja masa kini dan masa depan," kata Gibran dalam debat cawapres.

Dilansir dari situs web Organisasi Ketenagakerjaan Internasional/International Labour Organization (ILO), green jobs adalah  jenis pekerjaan yang memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian atau pemulihan lingkungan, baik itu dalam sektor tradisional seperti konstruksi dan manufaktur, maupun dalam sektor yang lebih baru dan berorientasi lingkungan seperti efisiensi energi dan energi terbarukan.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Green jobs diyakini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan bahan baku, meminimalkan limbah dan polusi, mengurangi emisi gas rumah kaca, melindungi dan memulihkan ekosistem, serta mendukung adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Pada tingkat perusahaan, green jobs dapat menghasilkan barang atau menyediakan jasa yang memberikan manfaat positif terhadap lingkungan, seperti bangunan ramah lingkungan atau transportasi yang berkelanjutan. Namun, outputnya (produk dan jasa) tidak selalu tergantung pada proses produksi dan teknologi yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu, green jobs juga dapat dibedakan berdasarkan kontribusinya terhadap proses yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga

Komentar