Gibran Dorong Cabut IUP Tambang, Mahfud Teriak Banyak Mafianya! - Inilah

 Gibran Dorong Cabut IUP Tambang, Mahfud Teriak Banyak Mafianya!l


Minggu, 21 Januari 2024 - 20:58 WIB

Tiga Cawapres saat debat di JCC Senayan dengan tema lingkungan (Inilah.com/Agus Priatna)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut nomor 03 Mahfud Md menegaskan tak gampang mencabut izin usaha pertambangan (IUP) seperti yang diusulkan Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menyebut salah satu solusi mengatasi korupsi sektor pertambangan adalah dengan mencabut IUP perusahaan-perusahaan yang terlibat.

"Mencabut izin IUP itu banyak masalahnya, banyak mafianya. Saya sudah mengirim tim ke lapangan, tapi ditolak, padahal sudah putusan Mahkamah Agung (MA)," ujar Mahfud dalam Debat Pilpres 2024 keempat, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024) malam.

Advertisement

Ia pun meminjamkan pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa masalah korupsi pertambangan sulit diberantas karena banyak oknum mafia bermain.

"Pertambangan di Indonesia itu banyak sekali yang ilegalnya. Itu di-backing oleh aparat-aparat dan pejabat. itu masalahnya," tegasnya.

Selain itu, Mahfud memaparkan 2.500 tambang ilegal dalam 10 tahun terakhir. Hal itu menyebabkan deforestasi hutan dalam skala besar.

"Itu jauh lebih luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya pulau Madura di mana saya tinggal," bebernya.

Menurut Mahfud untuk mengatasi permainan industri Sumber Daya Alam dan Energi dengan keterbukaan informasi. Tanpa keterbukaan informasi, Mahfud menilai persoalan tambang ilegal tidak akan tuntas diatasi.

Tema debat keempat akan membahas soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Topik

BERITA TERKAIT

Baca Juga

Komentar