Heboh Limbad Sulap Koran Jadi Uang Saat Kampanye di Tasikmalaya, Dibagikan Ketika Mahfud MD Pergi - Kompas

 Heboh Limbad Sulap Koran Jadi Uang Saat Kampanye di Tasikmalaya, Dibagikan Ketika Mahfud MD Pergi

Anita K Wardhani

TRIBUNNEWS.COM, TASIKMALAYA - Panggung kampanye terbuka di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024) dihebohkan dengan tingkah pesulap Limbad.

Baca juga: Limbad hingga Zulkieflirmansyah Mbalelo ke Capres Lawan: Disinyalir Main Dua Kaki Biar Aman

Pesulap yang juga terkenal dengan nama master Limbad ini menyulap selembar koran menjadi uang kertas saat gelaran kampanye yang dihadiri calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD dan Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang juga menghadiri kampanye tersebut.

Pantauan TribunPriangan.com (Tribunnews.com Network) di sekitar panggung kampanye, terlihat Master Limbad yang menyulap lembaran koran itu menjadi uang Rp 50.000 yang sangat banyak.

Uang ini dibagi-bagikan kepada masyarakat yang hadir.

Baca juga: Heboh Limbad Dibawa Kampanye Prabowo, Padahal Masuk Tim Ganjar, Kini Pajang Foto dengan Bos Perindo

Ia melakukan hal tersebut tidak lama setelah Mahfud MD dan Oesman Sapta Odang pergi menuju Karawang, Jawa Barat untuk melanjutkan agenda kampanyenya.

Sebelumnya Mahfud MD disambut antusias ribuan masyarakat saat menaiki panggung untuk menyapa para pendukungnya.

Baca juga: Nasib Limbad di TPN Ganjar-Mahfud Usai Muncul di Kampanye Prabowo, Andika: Hari Rabu Ada Keputusan

Terlihat hadiah umrah dibagikan untuk para pendukung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kampanye terbuka itu merupakan salah satu agenda kampanye akbar sekaligus peringatan Hari Lahir (Harlah) Partai Hanura ke-17 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Master Limbad menyulap selembar koran menjadi uang kertas saat gelaran kampanye terbuka di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).
Master Limbad menyulap selembar koran menjadi uang kertas saat gelaran kampanye terbuka di Stadion Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024). (TRIBUNPRIANGAN.COM/ALDI MEGA PERDANA)

Terpisah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya menanggapi momentum tersebut.

“Betul, kami soroti kasus itu (bagi-bagi uang Master Limbar). Saat ini sedang dalam tahap pengkajian mendalam dan hati-hati. Kami juga baru dapat semua rekaman seluruh kegiatan itu. Ini kami baru beres di lapangan (untuk) memantau itu,” ungkap Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ridha Fahlevi.

Tak hanya dugaan pelanggaran bagi-bagi uang tersebut, tambahnya, pihak Bawaslu Kota Tasikmalaya pun akan mengkaji dugaan-dugaan pelanggaran dalam proses pembagian hadiah umroh dan lainnya di acara kampanye terbuka capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Tasikmalaya tersebut.

"Kami lihat, betul, kami rekam betul kejadian itu. Kami kaji dan nanti diputuskan sesuai dengan bukti-bukti yang ada," ucapnya.

Tak Hanya Sekali Bikin Heboh, Limbad Dibawa di Kampanye Prabowo

Kehebohan terjadi di masa Kampanye Pilpres setelah pesulap Limbad ikut kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Saat kampenye, Limbad tak sekadar sebagai penghibur, ia dikenalkan sebagai pendukung Prabowo-Gibran.

Baca juga: Deretan Artis Jadi Juru Kampanye Ganjar-Mahfud: Denny Cagur, Limbad, Anang, Thariq Halilintar

Padahal sebelumnya Limbad disebut masuk sebagai juru kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pada 28 November 2023, Limbad bersama beberapa artis lainnya seperti Denny Cagur diumumkan sebagai juru kampanye capres-cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Mereka tergabung di Direktorat Juru Kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Limbad diantara dua pasangan calon di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo-Gibran.
Limbad diantara dua pasangan calon di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo-Gibran. (Kolase Tribunnews.com)

Limbad tampak hadir di panggung kampanye konsolidasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran), di Pool Primajasa, Tasikmalaya, Sabtu (2/12/2023).

Ketua TKD Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil bahkan membawa Limbad diajak naik ke panggung.

Tampak Limbad mengenakan busana serba hitam di acara tersebut dikenalkan mantan Gubernur Jawa Barat itu sebagai pendukung Prabowo.

Dengan gaya kelakar, Ridwan Kamil menyebut Limbad sosok cerewet, meski faktanya Limbad justru irit bicara.

"Saya perkenalkan salah satu pendukung Bapak Prabowo yang paling cerewet, yang ngomongnya nggak berhenti-henti, Limbad. Tepuk tangan," kata Ridwan.

Padahal, Limbad sempat masuk ke dalam daftar Juru Kampanye Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024 mendatang.

Politik 2 Kaki

Pengamat Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai sejumlah tokoh yang masuk timses paslon Pilpres tertentu, tetapi justru menghadiri agenda kampanye paslon lain, menunjukkan bahwa ada potensi menang dari paslon yang justru tidak didukungnya.

"Saya melihat bahwa belum ada kejelasan atau tidak kejelasan di kubu tertentu itu, karena tak ada kejelasan nasib ya bisa jadi beralih dukungan," kata Ujang kepada Tribunnews.com Rabu (6/12/2023).

ilustrasi Pilpres
ilustrasi Pilpres (Istimewa)

Ujang mengatakan kemungkinan lainnya secara psikologis capres yang dihadiri kampanyenya lebih menjanjikan dan bisa mengakomodasi kepentingan mereka, atau bahkan dianggap capres tersebut lebih berpeluang memenangkan Pilpres 2024.

Soal kemungkinan nama-nama yang disebutkan bermain 'dua kaki', Ujang menilai hal tersebut terjadi karena faktor belum ada kejelasan menang atau kalah.

"Jadi, saya melihatnya belum ada kejelasan di kubu yang lama, ya makanya masuk ke kubu yang lain. Dalam konteks itu, mungkin di kubu yang lain ada janji yang lebih baik ada masa depan yang lebih baik dan punya potensi untuk menang biasanya seperti itu," pungkasnya.

Profil Limbad

Suara Limbad di sinetron
Suara Limbad di sinetron (Kolase TribunStyle/KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI/Instagram/undercover.id)

Lantas seperti apa sosok pesulap Master Limbad?

Dikutip dari wikipedia.org Limbad adalah seorang pesulap Indonesia yang mengawali debutnya sejak 1999 saat duduk di bangku SMA.

Limbad yang memiliki nama asli Salim Babad, lahir di Dukuhsalam, Slawi, Tegal, Jawa Tengah, 6 Juli 1972.

Adapun Limbad mulai dikenal publik mengikuti ajang kompetisi sulap The Master di RCTI dan berhasil dinobatkan sebagai Master Magician.

Di setiap penampilannya, Limbad konsisten dengan alirannya, faqir magic, sebuah aliran yang selalu menampilkan adegan-adegan yang terkesan berbahaya dan memancing ketegangan.

Atraksi-atraksi yang disuguhkan Limbad adalah atraksi-atraksi yang diadaptasi dari Criss Angel dalam acara yang berjudul Criss Angel Mindfreak.

Bukti nyatanya adalah atraksi dilindas buldoser dan atraksi saat digantung dengan helikopter.

Atraksi tersebut telah ditayangkan di sebuah stasiun TV Amerika Serikat dalam Criss Angel Mindfreak musim 3 pada tahun 2007.

Biodata Master Limbad

Nama lengkap: Salim Babad

Nama panggung: Master Limbad

Tempat Tanggal lahir: Dukuhsalam, Jawa Tengah, Indonesia, 6 Juli 1972

Asal: Dukuhsalam, Jawa Tengah

Istri: Susi Indrawati (m:1995; c), Benazir Endang Budiyanti (m:2011; c:2020)

Anak: Cecilia Gina, Muhammad Mahardika, Lim Bintang, Kesya

Media Sosial

Instagram: @limbadindonesia

Sinetron: Tarzan Cilik, Baim Anak Soleh

Film: Ghost Jenglot (2007) - cameo, Maling Kutang (2009), The Mentalist (2011)

(TribunJabar.id/Aldi M Perdana) (Tribunnews.com/Anita K Wardhani/Abdul Qodir)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Master Limbad Sulap Koran Jadi Uang Lalu Dibagikan Saat Kampanye Terbuka Mahfud MD di Tasikmalaya, 

Baca Juga

Komentar