Hujan Es dan Angin Kencang Lumpuhkan Jalan Antarkecamatan di Jember - BeritaSatu

 

Hujan Es dan Angin Kencang Lumpuhkan Jalan Antarkecamatan di Jember

BeritaSatu.com

Jember, Beritasatu.com - Fenomena hujan es  disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Jember, Kamis (25/1/2024) sore mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan merusak bangunan rumah. Bahkan jalan penghubung antarkecamatan mengalami lumpuh total selama berjam-jam.

ADVERTISEMENT

Sofyan, salah satu warga mengatakan, peristiwa hujan dan angin kencang tersebut berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Kencangnya terpaan angin membuat pohon bertumbangan dan sejumlah bangunan rumah mengalami kerusakan.

“Hujan deras sama anginnya, tadi juga hujan es. Anginnya dari arah barat, enggak hanya di sini saja  tetapi di beberapa perkampungan,” ujarnya.

Selain merusak sejumlah bangunan rumah, hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di jalan penghubung antar-Kecamatan Sukorambi dan Kecamatan Patrang sehingga aksesnya terputus.

Sementara dampak lainnya pohon tumbang menimpa mobil terparkir dan sejumlah rumah warga rusak tersapu angin.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto mengatakan, pihaknya masih menerjunkan sejumlah personel petugas untuk melakukan pendataan akibat peristiwa tersebut.

“Ini kami lagi lakukan assesment. Kejadiannya sporadis jadi kami juga bergerak ke panti juga ada laporan. Kami melakukan pendataan atas berapa pohon yang tumbang dan rumah rusak,” kata Widodo.

Meski tidak menelan korban jiwa, masyarakat diimbau tetap waspada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang. Sebab perkiraan cuaca ekstrim masih akan terjadi hingga pertengahan bulan Februari 2024 mendatang. 

Baca Juga

Komentar