KPU Tangerang Gelar Simulasi Pemungutan Suara dan Sirekap di Jembatan Kaca - Beritasatu

 

KPU Tangerang Gelar Simulasi Pemungutan Suara dan Sirekap di Jembatan Kaca

Senin, 29 Januari 2024 | 14:28 WIB
W
AD
KPU Kota Tangerang mengelar simulasi pemilihan dan pemungutan suara sekaligus menguji coba aplikasi Sirekap, Senin 29 Januari 2024.
KPU Kota Tangerang mengelar simulasi pemilihan dan pemungutan suara sekaligus menguji coba aplikasi Sirekap, Senin 29 Januari 2024. (Beritasatu.com/Wahroni)

Tangerang, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengelar simulasi pemilihan dan pemungutan suara sekaligus uji coba aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap, Senin (29/1/2024).

ADVERTISEMENT

Uniknya, KPU memilih lokasi tempat kegiatan simulasi Pemilu 2024 tersebut di area Jembatan Kaca, Jalan Benteng Jaya, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah menyebut simulasi tersebut untuk memberikan gambaran nyata pada pelaksanaan sesungguhnya pemilu 14 Februari 2024 nanti.

"Simulasi ini kita gelar seperti apa yang nanti dilakukan pada 14 Februari. Kegiatan hari ini adalah simulasi pelaksanaan pemungutan, perhitungan, dengan aplikasi Sirekap," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Qori menjelaskan fungsi aplikasi Sirekap untuk memudahkan KPPS melakukan penghitungan atau rekapitulasi hasil pemungutan suara di masing-masing TPS. Sirekap berfungsi sebagai sumber data utama perolehan suara yang tertuang dalam Formulir C Hasil-KWK yang merupakan sertifikat hasil dan rincian penghitungan suara di TPS.

Uji coba aplikasi Sirekap dilakukan KPU untuk melihat dan mengetahui tingkat partisipasi masyarakat.

"Selain soal aplikasi, kita juga lihat bagaimana partisipasinya dan sejauh ini masih berproses dengan baik. Alhamdulillah terlepas kondisi cuaca sedang hujan, tetapi masyarakat tetap begitu antusias dan semangat untuk hadir di TPS," jelas Qori.

Berdasarkan data KPU Kota Tangerang bahwa jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang ada sebanyak 1.362.773 juta jiwa. Dengan perinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 678.001 dan pemilih perempuan sebanyak 684.772.

Baca Juga

Komentar