Puan Ingatkan Etika, Adab dan Sopan Santun Anak Muda dalam Debat Cawapres - inews

 Puan Ingatkan Etika, Adab dan Sopan Santun Anak Muda dalam Debat Cawapres

Felldy Aslya Utama

Puan Ingatkan Etika, Adab dan Sopan Santun Anak Muda dalam Debat Cawapres Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani saat bertemu kader PDIP se-Sumenep, Madura, Jawa Timur, di Islamic Center Bindara Saod. (Foto istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menyingung debat cawapres yang digelar di JCC Senayan Minggu (21/1/2024) malam. Dia mengaku miris melihat adanya kandidat yang masih muda menunjukkan sikap yang kurang sopan dengan orang yang lebih tua.

“Etika dan perilaku sopan santun anak muda kepada yang lebih tua itu penting sekali sebagai orang Indonesia. Jangan semena-mena, adab ketimuran di Indonesia harus tetap dijaga,” kata Puan saat bertemu kader PDIP se-Sumenep, Madura, Jawa Timur, di Islamic Center Bindara Saod, Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Respon Gibran Usai Sikap dan Tingkahnya Dikritik saat Debat Cawapres

Ketua DPR ini mengatakan, memang saat di tempat kerja status dapat dibedakan dengan jabatan dan level tanpa memandang usia. Jika berbicara soal struktural, semua harus dihormati tanpa memandang yang tua dan muda.

“Tapi hubungan antara yang tua dan muda secara pribadi atau personal, itu harus dihargai. Kalau nggak seperti itu, bukan Indonesia lagi,” katanya.

Baca Juga

Polling Debar Trijaya: 81 Persen Pemilih Makin Mantap dengan Paslon Capres Pilihan usai Tonton Debat Cawapres

Diketahui, Cawapres Gibran Rakabuming Raka mendapat sentimen negatif tertinggi terkait penampilannya di debat cawapres, Minggu (21/1) malam. Berdasarkan analisis Drone Emprit di media sosial X, Minggu pukul 19.00-22.00 WIB, sebanyak 60 persen percakapan tentang Gibran bermakna negatif.

Baca Juga

Aksi Gibran Keluar dari Podium Debat Cawapres Dievaluasi KPU

Hasil analisis Drone Emprit, para pengguna X memberikan sentimen negatif merujuk sikap dan tindakan Gibran selama debat berlangsung. Mereka mengkritik Gibran karena melanggar aturan debat dengan meninggalkan podium untuk bicara. 

Analisis Drone Emprit juga menyimpulkan beberapa pengguna media sosial menganggap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak memiliki adab dan menggunakan gaya yang konyol dalam debat.

Baca Juga

Yenny Wahid Kritik Gibran Tolah-Toleh Cari Jawaban Mahfud saat Debat: Meremehkan, Tak Sopan 

"Ada yang menganggap Gibran sombong dan ingin merendahkan Prof Mahfud," tulis pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam akun X @ismailfahmi, dikutip Senin (22/1/2024).

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar