TNI Temukan Peluru hingga Kartu Indonesia Sehat di Markas KKB Maybrat -detik

 

TNI Temukan Peluru hingga Kartu Indonesia Sehat di Markas KKB Maybrat

Kadek Melda Luxiana

Jakarta -

TNI menggeruduk markas Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh Maybrat, Papua Barat Daya. KTSP itu merupakan pimpinan Manfred Fatem.

Penyergapan dilakukan Kamis (25/1/2024) oleh Tim Satgas Yonif 133/YS. Kelompok tersebut kini makin terdesak.

"Kami telah berhasil menguasai dan menduduki Markas KKB pimpinan Manfred Fatem yang berada di Dusun Sagu-Aifat Timur Jauh," kata Dansatgas Yonif 133/Yudha Sakti Letkol Inf Andhika Ganessakti, melalui keterangan tertulis, Senin (29/1).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kejadian bermula ketika hasil pengembangan informan bahwa terdapat 2 orang simpatisan KSTP mengantar logistik ke hutan untuk mendukung gerakan KSTP Manfred Fatem. Selanjutnya, dilakukan penangkapan oleh Tim Mobile Yonif 133/Yudha untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang markas KSTP pimpinan Manfred Fatem.

Kedua simpatisan itu langsung diamankan di Kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh, Maybrat, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasil interogasi dari kedua simpatisan tersebut, maka dilakukan rencana penyergapan markas KSTP pimpinan Manfred Fatem.

Dalam penyergapan tersebut, TNI tidak menemukan anggota KSTP, karena diperkirakan informasi dan gerakan TNI sudah bocor. Aparat kemudian menghancurkan markas KSTP tersebut dan menyita sejumlah barang bukti.

Sementara itu, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangannya membenarkan terkait markas KSTP digeruduk. Dia mengatakan markas KSTP di Maybrat telah dikuasai dan dihancurkan TNI.

"Benar, bahwa Markas KSTP kodap IV /Sorong Raya di Maybrat pimpinan Manfred Fatem telah dikuasai dan dihancurkan TNI, namun saat penyergapan keburu ditinggalkan, sepertinya informasi bocor dan diketahui KSTP sebelum TNI mendekat ke Markas tersebut," ujar Suriastawa.

Beberapa barang bukti yang diamankan adalah bendera Bintang Kejora, 6 butir amunisi kaliber 5,56 mm,1 buah teleskop, termasuk 1 buah solar cell, beberapa senter, 2 lembar kartu KIS, 3 buah charger HP, 1 buah lensa kamera, 1 buah HP, beberapa busur berikut anak panahnya, bahan makanan, dan beberapa jenis obat-obatan. TNI masih menyisir tempat-tempat persembunyian kelompok KSTP pimpinan Manfred Fatem di Maybrat.

(dek/jbr)

Baca Juga

Komentar