Tom Lembong Kenang Diminta Jokowi Jawab Pertanyaan usai Disebut Gibran: Good Old Memories - CNN Indonesia

 

Tom Lembong Kenang Diminta Jokowi Jawab Pertanyaan usai Disebut Gibran: Good Old Memories

riana rizkia, Rizky Agustian
Tom Lembong Kenang Diminta Jokowi Jawab Pertanyaan usai Disebut Gibran: Good Old Memories

Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong mengenang momen saat diminta Presiden Jokowi menjawab pertanyaan dalam forum internasional usai namanya disebut-sebut Gibran di debat cawapres. (Foto: Brookings Institution/YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Co-Captain Tim Pemenangan Nasional Capres-Cawapres Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Thomas Lembong atau Tom Lembong mendadak jadi sorotan. Namanya disebut-sebut oleh Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024). 

Gibran menuding Tom Lembong memberikan contekan kepada Cak Imin untuk menyampaikan pertanyaan terkait strategi pembangunan berbasis bioregional.

Baca Juga

Gibran Bikin Gimik saat Debat Cawapres, Yenny Wahid: Suasana Jadi Rusak

Usai namanya disebut-sebut Gibran, Tom Lembong melalui akun X @tomlembong mengunggah cuitan yang menanggapi video kala dirinya membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan dalam forum yang digelar Brookings Institution di Amerika Serikat (AS) pada 2015 lalu. Kala itu, Tom Lembong yang menjabat menteri perdagangan hadir mendampingi Jokowi saat menjadi bintang tamu dalam forum tersebut. 

"Ah, the good ol' memories...," tulis Tom Lembong, dilihat Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Pengamat Kritik Sikap Gibran di Debat Cawapres: Santunnya Kamuflase, Tak Beretika

Dalam video itu, Tom Lembong diminta oleh Jokowi menjawab pertanyaan yang disampaikan hadirin forum tersebut terkait infrastruktur dan kerja sama pemerintah dan swasta.

"I want to test my minister, please answer the question. Pak Tom. But don't speak longer than my speech," kata Jokowi seraya menunjuk kepada Tom Lembong yang hadir dalam forum itu.

Baca Juga

Drone Emprit: Gibran Dapat Sentimen Negatif Tertinggi, Dianggap Tak Punya Adab

Tom Lembong kemudian berdiri menjawab pertanyaan dari hadirin tersebut.

Sebelumnya, Gibran menuding Cak Imin mendapat contekan dari Tom Lembong. Contekan tersebut, kata Gibran, digunakan untuk melemparkan pertanyaan.

Semula, Gibran menjawab pertanyaan Cak Imin soal strategi pasangan calon (paslon) nomor urut 2 dalam melaksanakan pembangunan berbasis bioregional.

Baca Juga

Gibran Dirujak Netizen usai Debat, Dinilai Songong dan Lecehkan Orang Lain

"Namanya pembangunan yang masif harus memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan keberlanjutannya," kata Gibran dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

"Kita pastikan mencari titik tengah, sekali lagi titik tengah, titik keseimbangan, membangun hilirisasi industri tapi harus memperhatikan lingkungan hidup," ujarnya. 

Hanya saja, menurut Cak Imin, Gibran sama sekali tidak menjawab pertanyaannya. Menanggapi hal tersebut, Gibran menuding Cak Imin tidak mengerti dengan pertanyaan yang disampaikan karena mendapat contekan dari tim pemenangannya. 

"Lho katanya tidak menjawab pertanyaan, tapi Gus Muhaimin malah ngomongin pemerataan pembangunan, itu kan yang saya omongin," katanya. 

"Itu kan sudah saya jawab, mungkin Gus Muhaimin juga tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya, mungkin itu dapat contekan dari Pak Tom Lembong ya," ujarnya. 

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek