Viral Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies, Timnas AMIN: Sangat Jelas Hoaks! - suara

 

Viral Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies, Timnas AMIN: Sangat Jelas Hoaks!

By Agung Sandy Lesmana
suara.com
January 22, 2024
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di HUT ke-11 Partai Nasdem di JCC, Jakarta, Jumat
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di HUT ke-11 Partai Nasdem di JCC, Jakarta, Jumat

Suara.com - Sebuah rekaman suara yang diduga Anies Baswedan dimarahi oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh viral di TikTok. Rekaman suara itu diunggah oleh akun TikTok bernama ANGURMERAH.

Akun tersebut mengunggah rekaman suara yang seolah-olah Anies dimarahi oleh Surya Paloh dengan narasi: "Detik-detik telponan bapak ketuwa Nasdem Surya Paloh berbicara dengan bapak Anis Waswedan calon presiden 2024"

Berikut dialog rekaman suara yang diduga antara Anies dan Surya Paloh:

"Saya sudah berusaha sekuat tenaga, pas di debat saya juga mati-matian untuk ngambil perhatian masyarakat".

"Ya tetap aja, tapi data mu itu ngawur bilang angin nggak punya KTP segala saya yang malu haduh Nies," dalam rekaman yang terdengar mirip suara Surya Paloh.

"Itu saya berusaha kalem aja buat ngeles".

"Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih, saya juga merasa dibohongin nih sama Mimin, di awal dia janjiin banyak banget hal sampai maunya jadi ketua tapi malah zonk".

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh

"Pak kesalahan itu sudah saya tutup tutupin kalau soal Cak Mimin saya juga sebenarnya capek pak".

"Coba minta mulutnya diam aja, percuma saya angkat wakil kalau enggak ada gunanya makin kelihatan kan kerenannya Gibran."

Ternyata Hoaks

Dikonfirmasi terkait rekaman tersebut, Juru Bicara (Jubir) Timnas Anies - Muhaimin (AMIN), Ramli Rahim secara tegas menyebut rekaman Anies dimarahi Surya Paloh itu hoaks.

Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan

Sementara itu, Jubir Timnas AMIN lainnya. Iwan Tarigan menilai rekaman suara tersebut tidak mirip dengan suara Anies mau pun Surya Paloh.

"Suara pak Anies dan Pak Surya Paloh enggak begitu," jelas Iwan.

Sedangkan, Jubir Timnas AMIN, Indra Charismiadji meyakini rekaman suara tersebut merupakan produksi artificial intelligence atau AI. Indra bahkan menyebut tidak ada sama sekali pembahasan mengenai Anies dimarahin oleh Surya Paloh.

"Wah saya baru dengar nih. Yup (diproduksi AI). Gaya Pak SP (Surya Paloh) dan Pak ABW (Anies Baswedan) enggak gitu. Nggak ada sama sekali (pembahasan)," ujar Indra.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek