Visi dan Misi Lengkap Muhaimin Iskandar di Debat Kedua Cawapres untuk Pilpres 2024 - Beritasatu

 Visi dan Misi Lengkap Muhaimin Iskandar di Debat Kedua Cawapres untuk Pilpres 2024

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com -  Pada debat kedua calon wakil presiden untuk Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar memaparkan sejumlah visi dan misinya. Berikut ini visi dan misi lengkap cawapres nomor urut 1 tersebut.

ADVERTISEMENT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,

Selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua.
Hadratussyekh Ki Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama pernah mengatakan petani adalah penolong negeri. Akan tetapi hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan kita. Hari ini kita menyaksikan bukti bahwa hasil sensus pertanian BPS menunjukkan bahwa, 10 tahun terakhir ini telah terjadi jumlah rumah tangga petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare.

Sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500.000 hektare sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya. Di sisi yang lain, kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional dilakukan melalui food estate. Food estate terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan.

 Saudara-saudara sekalian, krisis iklim terjadi dan kita menyaksikan bencana ekologi terjadi di mana-mana. Negara harus serius mengatasinya. Tidak hanya mengandalkan proyek Giant Sea Wall yang tidak mengatasi masalahnya. Kita harus sadar bahwa krisis iklim harus dimulai dengan etika, sekali lagi etika. Etika lingkungan.

Etika lingkungan ini intinya adalah keseimbangan antara manusia dan alam, tidak menang-menangan, seimbang manusia dan alam. Akan tetapi kita menyaksikan bahwa kita tidak seimbang di dalam melakukan pembangunan kita. Kita melihat ada yang namanya krisis iklim tidak diatasi dengan serius, bahkan kita ditunjukkan anggaran mengatasi krisis iklim jauh di bawah anggaran sektor-sektor lainnya.

Hadirin saudara sekalian se-Tanah Air yang saya cintai, dengan kesadaran ini maka kita harus kembali bahwa pembangunan nasional dan kebijakan nasional harus berpijak pada yang namanya keadilan, keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan agraria, dan tentu keadilan sosial.

Saudara-saudara sekalian, rakyat harus dilibatkan, rakyat tidak boleh ditinggal karena pemilik negeri ini rakyat, pemerintah hanyalah pelaksana dari pemilik negeri ini. Oleh karena itu, desa harus menjadi titik tumpu pembangunan.

Petani, nelayan, peternak, masyarakat adat harus menjadi bagian utama dari program pengadaan pangan nasional. Reforma agraria harus menjadi kepastian distribusi lahan bagi para petani kita. Energi baru terbarukan harus digenjot bukan malah dikurangi targetnya, diturunkan targetnya, karena itu kita harus lakukan perubahan.

Kita tidak boleh diam, perubahan menghadapi masa depan kita dan generasi yang akan datang. Para petani dan seluruh warga bangsa yang terlibat, negara menunggu langkah kita semua. Kita semua harus menghadirkan perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

Debat Capres Cawapres

debat capres

debat cawapres

pilpres 2024

pemilu 2024

visi misi muhaimin iskandar

muhaimin iskandar di debat cawapres

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar