ASN Cianjur Terjaring OTT Politik Uang, Ada 29 Amplop Isi Rp30Ribu - CNN Indonesia

 ASN Cianjur Terjaring OTT Politik Uang, Ada 29 Amplop Isi Rp30Ribu

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan politik uang.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Cianjur Yana Sopyan menyebut pihaknya menerima informasi terkait dugaan tindak pidana pemilu politik uang. Informasi ini pun ditindaklanjuti dengan penangkapan ASN berinisial OS.

OS, ASN yang bertugas di Pemerintah Kecamatan Karangtengah, ditangkap di rumahnya pada Selasa (13/2). Saat penangkapan, polisi mengamankan amplop berisi uang dengan spesimen surat suara salah satu Caleg DPRD Kabupaten Cianjur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

OS pun langsung digiring menuju Polres Cianjur kemudian dibawa ke Bawaslu Cianjur untuk dimintai keterangan.

"Informasi yang kami terima untuk memenangkan salah satu calon. Kita akan pastikan melalui proses penelaahan. Kita akan maraton pemeriksaan. Tadi subuh sudah dimulai dimintai keterangan," kata Yana dikutip detikcom.

Sementara itu, barang bukti berupa amplop sebanyak 29 lembar yang berisi uang tunai masing-masing sebesar Rp30 ribu.

Bawaslu juga mendapati spesimen surat suara dengan nama salah satu caleg DPRD Cianjur daerah pemilihan 1 berinisial AY.

Yana berkata uang tersebut akan dibagikan OS ke masyarakat sekitar rumahnya guna pemenangan AY.

"Dari hasil pemeriksaan akan disebar di sekitaran rumahnya. Tapi kami dalami apakah selain di lingkungan tersebut ada titik lainnya. Karena kami temukan ada data potensi pemilih di tujuh desa," kata dia.

Terkait sumber dana, OS mengaku memakai uang dari kantong pribadinya. Namun pihaknya masih menelusuri sumber dana yang digunakan OS.

Tak hanya politik uang, Bawaslu Cianjur juga menyelidiki netralitas OS sebagai ASN. Hal itu lantaran OS juga merupakan relawan dari caleg DPRD berinisial AY.

"Terkait perekrutannya sebagai relawan kita dalami. Diarahkan siapa ataukah atas kesadaran sendiri. Makanya kalau dimungkinkan ke depan calegnya pun akan dimintai keterangan," kata Yana.

Pada Pemilu 2024 ini, CNNIndonesia.com juga akan merilis hasil hitung cepat (quick count) dengan menggandeng enam lembaga survei yaitu Litbang Kompas, Political Research and Consulting, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Voxpol Center Research & Consulting. Simak quick count Pemilu 2024 di situs CNN Indonesia pada Rabu, 14 Februari mulai pukul 15.00 WIB.

(els/isn)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek