Hamas Serukan Warga Palestina Berbaris ke Al-Aqsa, Minta Bantuan Arab - CNBC Indonesia

 

Hamas Serukan Warga Palestina Berbaris ke Al-Aqsa, Minta Bantuan Arab

luc, CNBC Indonesia
News
Kamis, 29/02/2024 05:13 WIB
Foto: Ismail Haniyeh, pemimpin kelompok militan Palestina Hamas. (AP/Dalati Nohra/File Foto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hamas mendesak warga Palestina untuk berbaris ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadan bulan depan, di tengah negosiasi gencatan senjata dengan Israel yang sedang berlangsung.

Seruan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyusul komentar Presiden AS Joe Biden, bahwa ada kesepakatan prinsip untuk gencatan senjata antara Israel dan Hamas selama Ramadan, sementara sandera yang ditahan oleh militan akan dibebaskan.

Biden mengatakan dia berharap perjanjian semacam itu, yang menurut sebuah sumber juga akan memungkinkan lebih banyak bantuan ke daerah kantong Palestina yang dilanda bencana dan membebaskan tahanan Palestina, dapat diselesaikan pada 4 Maret. Adapun bulan suci Ramadan diperkirakan akan dimulai pada 10 Maret.

Baik Israel maupun Hamas masih sanksi terkait kesepakatan tersebut dan mediator Qatar mengatakan bahwa masalah yang paling kontroversial masih belum terselesaikan.

Israel mengatakan pada Senin bahwa mereka akan mengizinkan salat Ramadan di Masjid Al-Aqsa Yerusalem, tetapi menetapkan batasan sesuai dengan kebutuhan keamanan, sehingga menimbulkan kemungkinan bentrokan jika banyak warga Palestina muncul dan kekerasan di Gaza masih berkecamuk.

"Ini adalah seruan kepada masyarakat kami di Yerusalem dan Tepi Barat untuk berbaris ke Al-Aqsa sejak hari pertama Ramadan," kata Haniyeh, yang menggambarkan serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober sebagai langkah untuk mengakhiri serangan Israel terhadap wilayah Palestina, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (29/2/2024).

Dalam pidatonya di televisi, dia mengatakan Hamas menunjukkan fleksibilitas dalam negosiasi dengan Israel namun pada saat yang sama siap untuk terus berperang. Israel mengatakan kesepakatan apapun dengan Hamas akan mengharuskan kelompok itu membatalkan "tuntutan-tuntutan aneh."

Hamas sedang mempertimbangkan proposal, yang disetujui oleh Israel pada pembicaraan dengan mediator di Paris pekan lalu, untuk gencatan senjata selama 40 hari, yang akan menjadi perpanjangan gencatan senjata pertama dalam perang yang telah berlangsung selama lima bulan tersebut. Kedua belah pihak memiliki delegasi di Qatar minggu ini untuk membahas rinciannya.

Sumber senior yang dekat dengan perundingan tersebut mengatakan pasukan Israel akan menarik diri dari daerah berpenduduk berdasarkan perjanjian tersebut.

Namun, hal ini tampaknya tidak memenuhi permintaan Hamas untuk mengakhiri perang secara permanen dan penarikan pasukan Israel, atau menyelesaikan nasib para pria Israel yang berada dalam usia tempur di antara mereka yang ditahan oleh Hamas.

Negara Arab

Haniyeh juga meminta Poros Perlawanan - sekutu Iran yang terdiri dari Hizbullah Lebanon, Houthi Yaman, dan Perlawanan Islam di Irak - serta negara-negara Arab, untuk meningkatkan dukungan mereka terhadap warga Palestina di Gaza.

"Adalah tugas negara-negara Arab dan Islam untuk mengambil inisiatif untuk mematahkan konspirasi kelaparan di Gaza," kata Haniyeh, mengacu pada apa yang dikatakan warga Palestina sebagai kebijakan yang disengaja oleh Israel untuk menolak makanan bagi mereka.

Israel mengatakan blokadenya terhadap Gaza sangat penting untuk menghancurkan Hamas, yang dianggapnya sebagai ancaman nyata sejak serangan 7 Oktober, namun Israel mengizinkan masuknya pasokan kemanusiaan, dan saling menyalahkan badan-badan bantuan atas kekurangan yang mereka katakan telah menyebabkan kelaparan akut.

Militer Israel mengatakan pada Rabu bahwa mereka telah bekerja sama dengan Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Perancis, dan Amerika Serikat dalam pengiriman bantuan pangan ke Gaza selatan.

Sementara itu, korban tewas warga Palestina mendekati 30.000 pada Rabu, yaitu 29.954 jiwa, menurut pejabat kesehatan Gaza, yang mengatakan banyak orang lainnya terkubur di bawah reruntuhan bangunan di seluruh Gaza.

Israel memulai serangannya setelah Hamas membunuh sekitar 1.200 orang pada 7 Oktober dan menyandera 253 orang, dengan 136 orang masih ditahan, menurut penghitungan Israel.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek