Jangan Panik, Ini 6 Jalur Alternatif Terbaru Hindari Kemacetan di Puncak - BeritaSatu

 Jangan Panik, Ini 6 Jalur Alternatif Terbaru Hindari Kemacetan di Puncak

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat mengalami kemacetan panjang di momen libur akhir pekan ini. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang masih penasaran untuk berlibur ke Puncak sebaiknya mencermati beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan.

ADVERTISEMENT

Benny Suryakusumah, warga Bogor, Jawa Barat kepada Beritasatu.com, Kamis (8/2/2024) ini mengatakan ada beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan oleh masyarakat. Hanya saja memang jalur tersebut tidak terlalu lebar jika dibandingkan jalan utama.

"Ada beberapa jalur yang bisa dimanfaatkan, yang penting sabar karena rute alternatif jalannya tidak terlalu lebar. Siapkan uang receh buat bayar orang yang ngejagain jalan," saran Benny.

Salah satu jalur alternatif  yang disarankan oleh Benny adalah Pasir Angin. Rute Pasir Angin ideal karena langsung bisa diakses oleh wisatawan sesaat keluar dari pintu tol Ciawi, Jawa Barat.

Nah, daripada bingung cermati beberapa rute yang bisa digunakan berikut ini:

1. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Katulampa

Jika memutuskan untuk melewati rute ini, Anda perlu bersabar dan memiliki ketahanan yang kuat. Alasannya, jalur ini melewati jalan yang sempit di tengah permukiman warga. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat berhadapan dengan kendaraan lain di jalur tersebut.

2. Jalur Pasir Angin ke Taman Safari

Jalur ini bisa dicapai dengan cara masuk melalui Vimala Hills. Setelahnya tinggal ikuti jalan yang ada ke arah Taman Safari. Jalur ini memang ada banyak pilihan hanya saja yang terbaik adalah melaju hingga ke arah Puncak Pass.

3. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Bukit Pelangi

Dari jalan tol, keluarlah di Pintu Tol Sentul Selatan, dan kemudian pilih rute menuju Babakan Madang atau Bukit Pelangi (Rainbow Hills). Jalur alternatif Puncak ini akan membawa Anda menuju Jembatan Megamendung yang mengarah ke kawasan Puncak Bogor.

Setelah melewati Megamendung, Anda bisa beralih ke kanan, di samping Vimala Hills dan setelah Simpang Gadog. Kemudian, ambil jalan ke arah Cibedug. Setelah mencapai pertigaan Cibedug, ambil jalur kiri yang membawa Anda ke Arca Domas.

4. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Cinangka

Jika Anda memilih jalur Katulampa dan menghadapi kemacetan di Desa Pasir Angin atau Gadog, Anda dapat memilih opsi Cinangka sebagai rute alternatif. Dari Desa Pasir Angin, arahkan kendaraan Anda ke arah Cikatapis. Jika Anda merasa kurang yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada tukang ojek atau penduduk setempat.

Nantinya, Anda akan tiba di Polsek Cisarua atau Simpang Megamendung, yang berdekatan dengan Masjid Nurul Huda. Setelah itu, cukup belok kiri untuk menuju Puncak Pas Bogor.

5. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Puncak II

Sebagai opsi lain, Anda dapat memilih Jalur Puncak II yang melintasi Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.  Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar dari jalur ini mengalami kerusakan dan licin akibat tanah longsor.  Jadi pastikan kendaraan Anda benar-benar siap melewati jalur tersebut. 

6. Jalur Alternatif Puncak Bogor Melalui Cilember

Apabila kemacetan terjadi sampai Anda mencapai Simpang Megamendung, Anda bisa memilih menggunakan rute alternatif Puncak melalui Cilember.  Untuk melakukannya, sekitar 200 meter setelah Simpang Megamendung, masuklah ke jalan kecil di sisi kiri.  Jika Anda ingin menuju Taman Safari atau Puncak Pas Bogor, opsi keluar yang tepat adalah melalui Cibeureum.

puncak

Kemacetan Arah Puncak

macet

bogor

Isra Mikraj 2024

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar