Jokowi Resmikan 26 Rumah Sakit Inisiasi Kementerian Pertahanan - BeritaSatu.

 Jokowi Resmikan 26 Rumah Sakit Inisiasi Kementerian Pertahanan

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 26 rumah sakit milik TNI pada Senin (19/2/2024). Peresmian itu dilakukan secara simbolis di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

ADVERTISEMENT

"Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Jenderal Besar Soedirman, dan 25 rumah sakit lainnya," kata Jokowi meresmikan, Senin (19/2/2024).

Jokowi menyebut pandemi Covid-19 menjadi pelajaran untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan yang memadai untuk menghadapi darurat kesehatan.

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap. RS dengan kesiapan SDM dan fasilitas memadai untuk mengatasi kondisi kedaruratan kesehatan seperti yang pernah kita alami. Oleh karena itu, saya mengapresiasi pembangunan RSPPN dan 25 RS yang diinisiasi Kementerian Pertahanan," kata Jokowi.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan peresmian 5 rumah sakit telah terlebih dahulu pada 2023, sedangkan 21 RS lainnya akan diresmikan hari ini.  

"Sebelas RS TNI AD bertempat di Pangkal Pinang, Padang, Aceh, Atambua, Bima, Gorontalo, Mamuju, Tanjung Selor, Samarinda, Manokwari dan Sorong. Tiga RS AL Pontianak, Padang, Sorong. Enam RS TNI AU Solo, Malang, Madiun, Subang, Bandung dan Pekanbaru. Keseluruhan RS itu berada di lokasi sekitar pangkalan TNI dan permukiman penduduk, sehingga bermanfaat untuk seluruh prajurit TNI dan juga melayani masyarakat umum," kata Prabowo dalam laporannya kepada Jokowi.

Prabowo mengatakan RSPPN menjadi rumah sakit terbesar TNI dan memiliki fasilitas ruang rawat inap berkapasitas 1.000 tempat tidur, 11 ruang operasi, ruang intensive care/ICU/ICCU/NICU/PICU 90 tempat tidur, dan IGD 55 tempat tidur.

Selain itu, RSPPN juga dilengkapi pelayanan terkait otak, jantung, pembuluh darah, dengan fasilitas berupa pelayanan DSA, MRI, CT Scan, panorama 360, dan USG 4 dimensi.

"Lalu ada pelayanan terpadu penyandang disabilitas berupa alat robotic dan laser untuk penderita kelemahan kaki dan tangan dan pelayanan hemodialisis untuk penderita yang membutukan cuci darah dengan 30 mesin. Kemudian ada pelayanan terapi gangguan pembuluh darah dua buah," kata Prabowo.

Kemudian, RS ini juga melayani regenerarive medicine, pelayanan terpadu untuk operasi kanker dan kemoterapi, hingga menjadi rumah sakit pendidikan bagi mahasiswa kedokteran Unhan dan akan bekerja sama dengan universitas dalam dan luar negeri lainnya.

RSPPN Bintaro

RS TNI

Kementerian Pertahanan

Prabowo Subianto

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar