Mendagri: Pemerintah Usul Masa Jabatan Kepala Desa 18 Tahun - Beritasatu

 

Mendagri: Pemerintah Usul Masa Jabatan Kepala Desa 18 Tahun

Selasa, 6 Februari 2024 | 01:10 WIB
DM
DM
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Senin (29/1/2024).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Senin (29/1/2024). (Beritasatu.com/Arnoldus Kristianus)

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah terbuka soal pembahasan masa jabatan kepala desa (kades) dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pemerintah mengusulkan 6 tahun selama tiga periode atau 18 tahun. 

ADVERTISEMENT

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat rapat kerja (raker) bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (5/2/2024).

"Terhadap hal ini kami dari pemerintah terbuka saja, mana yang terbaik dari pembahasan kita, kami lihat tidak banyak pengaruhnya," ujarnya, seperti dilansir Antara.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Tito memaparkan, ada sejumlah opsi masa jabatan kades yang dibahas, di antaranya sembilan tahun dan berkesempatan dua kali periode, atau enam tahun dan berkesempatan tiga kali periode. Pemerintah, menurut dia, mengusulkan opsi enam tahun dengan kesempatan tiga kali periode.
 
Meski begitu, Tito mengatakan, pemerintah menerima aspirasi jabatan enam tahun itu bakal berdampak pada kurang lebih 7.000 orang kepala desa yang berakhir masa jabatannya pada Februari 2024.

Tito mengungkapkan, ada aspirasi sejumlah perangkat desa menginginkan agar masa jabatan kades tetap enam tahun dan menghendaki 7.000 kades tersebut berakhir masa jabatannya pada Februari 2024.

Namun di sisi lain, ada pandangan apabila 7.000 kades itu berakhir masa jabatannya pada Februari 2024, bisa berdampak pada pemilihan kepala daerah (pilkada).

BACA JUGA

Para perangkat desa, Tito menuturkan, khawatir kepala desa akan ditunjuk kepala daerah untuk kepentingan pilkada.

"Mereka khawatir pada pilkada itu orangnya (bupati) semua, dan menguntungkan partainya, partainya warna warni, enggak fair sehingga mereka mengharapkan diperpanjang saja yang 7.000 (kades) ini," bebernya.

Sebelumnya, Baleg DPR membahas revisi atau Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada pembahasan RUU tersebut, Tito Karnavian menyampaikan kepada para anggota Baleg yang hadir soal usulan pasal atau yang akan diubah, ditambah, bahkan dihapus. Kemudian hal itu akan dibawa Ketua Baleg Supratman Andi Agtas untuk dibahas di tingkat selanjutnya.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek