RS Al Nasr Diduduki Tentara Israel, MER-C Minta WHO Bersikap - Inilah

 

RS Al Nasr Diduduki Tentara Israel, MER-C Minta WHO Bersikap

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:33 WIB

Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad. (Foto: Inilah.com/Reyhaanah).

Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia mengungkap bahwa Rumah Sakit (RS) Al Nasr di jalur Gaza Selatan kini telah diduduki oleh Israel. Tidak hanya itu, RS An Nasr juga mendapatkan tuduhan menyimpan senjata sama seperti tuduhan beberapa waktu lalu terhadap RS Indonesia di Gaza.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad yang baru saja mendapatkan informasi sekitar tiga hari lalu, usai perang Gaza sudah berlangsung selama 138 hari.

“Mereka menganggap kurang dari 100 orang tenaga medis adalah orang-orang hamas, dan RS andalan itu sekarang menjadi markas Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel,” kata Sarbini dalam konferensi persnya di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Advertisement

Sarbini melanjutkan hal ini sangat memprihatinkan bagi warga Palestina lantaran menggangu dan sangat menghancurkan kemanusiaan yang ada di Gaza. Mengingat, sudah tak banyak lagi RS yang beroperasional ala kadarnya menangani korban perang Palestina dan Israel.

“Maka ini akan terjadi satu ledakan kemanusiaan, satu bencana kemanusiaan apabila tidak segera diatasi cepat terutama oleh World Health Organization (WHO),” tutur dia.

Sarbini berharap dengan kabar ini, WHO dapat bersikap tegas dan turun tangan terhadap dipomatis pemerintahan Israel.

“Jadi WHO tidak hanya bisa mengeluh dengan matinya sistem kesehatan yang ada di Gaza. Tapi harus melakukan seusatu untuk melakukan pendekatan terhadan Israel dan Amerika untuk menghentikan kebiadaban terhadap rakyat Gaza,” ucap Sarbini.

Topik
BERITA TERKAIT

Baca Juga

Komentar