Sandiaga Sebut Pungutan Rp 150.000 pada Turis di Bali untuk Kelestarian Budaya - Beritasatu

 

Sandiaga Sebut Pungutan Rp 150.000 pada Turis di Bali untuk Kelestarian Budaya

Kamis, 8 Februari 2024 | 05:49 WIB
AF
WP
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (tengah) bersama mantan Mendag Enggartiasto Lukita (kiri) dan Direktur Utama B-Universe, Rio Abdurachman.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (tengah) bersama mantan Mendag Enggartiasto Lukita (kiri) dan Direktur Utama B-Universe, Rio Abdurachman. (Beritasatu.com/Alfida Rizky Febrianna)

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara terkait rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menarik pungutan Rp 150.000 kepada turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Bali. Kebijakan ini berlaku mulai pekan depan 14 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

"Yang di Bali itu bukan pajak, melainkan pungutan untuk penanganan sampah dan juga kemurnian serta kelestarian budaya di Bali," ungkap Sandi, saat ditemui seusai acara Investor Daily Roundtable di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

BACA JUGA

Sandiaga menekankan, pungutan tersebut akan dipastikan pemanfaatannya bagi keberlangsungan pariwisata di Bali, termasuk bagsi masyarakat lokal.

ADVERTISEMENT

"Jadi, kita tunggu tanggal 14 februari 2024. Kita pastikan bahwa bukan hanya pungutannya, tetapi juga pemanfaatan, kita harapkan Bali menjadi destinasi berkelas global," kata dia.

Sandiaga menuturkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat sekitar 30-40% pada 2024.

BACA JUGA

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), total wisman sepanjang 2023 mencapai 11,68 juta kunjungan meningkat 98,3% dibandingkan 2022.

"Kita sampai harus revisi tiga kali target kunjungan wisatawan mancanegara tahun lalu dan tahun ini akan ada peningkatan 30%-40%," pungkasnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek