Anggaran Makan Siang Gratis Nggak Masuk Akal? Begini Kata Sri Mulyani - suara

 Anggaran Makan Siang Gratis Nggak Masuk Akal? Begini Kata Sri Mulyani

Sabtu, 09 Maret 2024 | 18:05 WIB
Anggaran Makan Siang Gratis Nggak Masuk Akal? Begini Kata Sri Mulyani
Ilustrasi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mulyani bicara soal program makan siang gratis. [Foto Novian-Suara.com]

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi penjelasan mengenai bisa tidaknya program makan siang gratis berjalan jika Prabowo-Gibran terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI mendatang.

Penjelasan ini disampaikan Sri Mulyani saat berbincang dengan Najwa Shihab dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Youtube Najwa Shihab. 

"Makan siang gratis itu mungkin ga kita lakukan, dan anggarannya cukup ga kalau kita kasih makan siang gratis?" tanya Najwa Shihab.

Baca Juga:

Ganjar Pranowo Pamer Makan Siang Bareng Siti Atikoh dan Alam Ganjar, Netizen: Gratis Pak?

Diungkap Mahfud MD, Begini Respon Ganjar Usai Dilaporkan ke KPK

Sri Mulyani tidak langsung menjawab. Ia sempat diam sebentar lalu berbisik ke Retno Marsudi yang ada di sampingnya. Setelah itu, baru Sri Mulyani memberi penjelasan.

"Pokoknya kita mengelola dan menyiapkan APBN tentu berkonsultasi. Kalau sekarang saya sebagai menteri keuangan pembantu Presiden. Dan presidennya Bapak Jokowi jadi saya minta arahan dari Bapak Presiden," ujar dia.

Arahan tersebut kata Sri Mulyani mengenai rancangan desain anggaran untuk tahun 2025 seperti apa. Menurut Sri Mulyani, apakah nanti Presiden Jokowi sendiri yang mau berkonsultasi dengan pemerintahan selanjutnya atau melibatkan dirinya juga.

"Jadi ini paralel semuanya sedang dalam dikomunikasikan karena belum ada hitung-hitungan benar-benar desainnya seperti apa, aku juga ga bisa ngomong juga sih, Na," kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani saat ini proses rancangan APBN sedang berjalan. Di bulan Maret ini, penyusunan sudah masuk ke angka yang lebih konkret.

Karena itu kata Sri Mulyani nanti akan dibicarakan kementerian mana yang melaksanakan program makan siang gratis, lalu bagaimana anggaran kementerian tersebut.

Atau kata Sri Mulyani juga bisa dibahas kemungkinan apakah pelaksanaan program makan siang gratis ini sebagian anggarannya dibagi ke pemerintah daerah.

Menurutnya, banyak sekali hal yang perlu dibahas jika ingin melaksanakan program makan siang gratis di tahun anggaran selanjutnya.

"Banyak sekali (yang dibahas), berbagai macam kemungkinan karena desainnya belum settle jadi kita konsultasi saja terus, jadi nggak bisa ngomong mengada-ada," ujar Sri Mulyani.

Saat ini kata Sri Mulyani, pihaknya memikirkan pelaksanaan program yang sudah selesai, menjalankan yang sekarang dan harus mulai menyiapkan anggaran ke depan.

Karena yang ke depan bukan pemerintahan sekarang, Sri Mulyani mengatakan, pihaknya akan melakukan konsultasi intensif ke Presiden Jokowi dan juga presiden selanjutnya.

"Kita konsultasi, siklus APBN kita jelaskan saya sampaikan ke Pak Jokowi saya bicara sama Pak Prabowo kalau nanti diumumkan menang, timnya siapa bagaimana mengakomodasinya saya rasa kita coba profesional," ujar Sri Mulyani.

Komentar
Berikan Komentar >
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

Berita Terkait

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek