BMKG Catat 152 Gempa Guncang Jabar Sepanjang Februari 2024 - detik

 

BMKG Catat 152 Gempa Guncang Jabar Sepanjang Februari 2024

Wisma Putra

Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ratusan gempa bumi terjadi di Jawa Barat sepanjang Februari 2024.

"BMKG, Stasiun Geofisika Bandung mencatat 152 kali gempa bumi telah mengguncang wilayah Jawa Barat dan sekitarnya selama Februari 2024," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu, dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Sabtu (2/3/2024).

Ayu mengungkapkan, berdasarkan kedalaman hiposenternya, gempa bumi dengan kedalaman dangkal (D<60Km) terjadi sebanyak 136 kejadian, gempa bumi menengah (60≤D≤300) terjadi 16 kejadian dengan rentang 3 hingga 276 Km.

"Sedangkan untuk magnitudo, gempa bumi terbesar yang tercatat adalah (M) 5.7 dan magnitudo terkecil yang tercatat adalah (M) 1.1," ujarnya.

Sepanjang periode yang sama terdapat 12 kali gempa bumi yang dirasakan. Salah satu kejadiannya yaitu terjadi pada 25 Februari pukul 20.07 WIB, yang berpusat 7.61 Lintang Selatan dan 105.9 Bujur Timur pada kedalaman 10 Km. Gempa berkekuatan M 5.7 tersebut dirasakan di Surade IV MMI, Pelabuhan Ratu, Bayah, Malimping, Cijaku, Cibadak, Labuan, Sawarna, Kelapanunggal, Garut, Tanjung Lesung III MMI, Sidareja, Cigeulis, Panimbang, Bandung, Lembang, Serang, Tangerang dan Tangerang Selatan II-III MMI.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Ayu.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Serta menghindari bangunan-bangunan retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa," tambahnya.

(wip/iqk)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek