DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Apa Kata Hamas? - detik

 

DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Apa Kata Hamas?

Jakarta 

-

Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya menyetujui dan mengadopsi resolusi, yang menuntut gencatan senjata segera antara Israel dan Hamas yang tengah berperang di Jalur Gaza. Resolusi itu disetujui setelah Amerika Serikat (AS), sekutu Israel, tidak menggunakan hak vetonya dan memutuskan abstain dalam voting terbaru yang digelar pada Senin (25/3) waktu setempat.

Bagaimana reaksi kelompok Hamas atas resolusi DK PBB tersebut?

Dilansir Al Arabiya dan AFP, Selasa (26/3/2024), Hamas menyambut baik resolusi untuk menghentikan pertempuran di Gaza tersebut. Hamas mengatakan pihaknya siap untuk merundingkan pembebasan sandera dengan imbalan tahanan Palestina.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami juga menegaskan kesiapan kami untuk segera terlibat dalam proses pertukaran tahanan yang mengarah pada pembebasan tahanan di kedua belah pihak," kata kelompok milisi Palestina tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (26/3/2024), hasil voting resolusi terbaru yang digelar pada Senin (25/3) waktu setempat itu semakin memicu perselisihan AS dengan sekutu dekatnya, Israel.

Sebanyak 14 negara anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dukungan untuk resolusi yang diajukan oleh 10 anggota terpilih badan tersebut. Sementara AS, yang merupakan sekutu Israel dan salah satu negara anggota tetap DK PBB yang memiliki hak veto, memutuskan abstain.

Simak Video 'Alasan AS Abstain soal Resolusi Gencatan Senjata di Gaza':

Resolusi itu menuntut gencatan senjata di Jalur Gaza selama sisa bulan suci Ramadan, yang akan berakhir dalam dua pekan ke depan. Resolusi itu juga menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang masih ditahan di Jalur Gaza.

Tepuk tangan menggema di dalam ruang sidang Dewan Keamanan PBB setelah voting digelar.

"Resolusi ini harus dilaksanakan. Kegagalan tidak bisa dimaafkan," tegas Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres dalam pernyataan via media sosial X, usai resolusi itu disetujui Dewan Keamanan PBB.

(ita/ita)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek