Hitungan Asuransi Ganti Rugi Porsche Ditabrak Xpander Cuma Rp10 Juta ,- CNN Indonesia

 

Hitungan Asuransi Ganti Rugi Porsche Ditabrak Xpander Cuma Rp10 Juta

Jumat, 15 Mar 2024 15:00 WIB

Porsche 911 GT3. (Porsche.com)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Insiden Porsche 911 GT3 yang ditabrak pengemudi Mitsubsihi Xpander di dalam showroom mobil mewah ternyata hanya bisa diganti rugi maksimal Rp10 juta bila menggunakan asuransi. Hal itu berdasarkan taksiran dalam klausul polis asuransi mobil seperti dijelaskan pihak Garda Oto.

Laurentius Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra menjelaskan ganti rugi Porsche 911 GT3 itu bisa dilakukan namun ada syarat. dan ambang batas.

"Kalau pemilik Xpander yang nabrak punya perluasan jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak ke-3 (TJH3) bisa ganti rugi juga sesuai dengan limit yang dimiliki oleh pemilik Xpander," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/3).

Namun, kata Iwan, kemungkinan dana yang bisa dikucurkan dari pihak asuransi tidak akan cukup buat mengganti 911 GT3 itu secara utuh.

Misalnya pada unit Mitsubishi Xpander, jika pemilik memberikan perluasan asuransi TJH3 hanya bisa maksimal Rp10 juta per kejadian.

"Misal Xpander 2022 ya sesuai harga mobilnya rata-rata orang sini ambil limit-nya Rp5 atau Rp10 juta saja per kejadian," kata dia.

Meski demikian perluasan risiko untuk pihak ketiga ini bentuknya hanya opsional. Pemilik mobil saat berasuransi bisa memilih tidak mengambil perluasan jaminan TJH3 tersebut.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, Porsche yang parkir di showroom dan ditabrak Xpander itu harga dasarnya Rp9,045 miliar menurut situs resmi Porsche versi Indonesia. Sejauh ini belum ada penjelasan dari pihak showroom, Ivan's Motor, terkait total kerugian peristiwa ini termasuk soal perbaikan 911 GT3. 

Unit yang ditabrak diduga generasi terbaru 911 GT3 berdasarkan bentuk bodi samping, pelek, lampu belakang dan sayap belakang. Model ini dirilis Porsche mulai 2021.

Eurokars Artha Utama selaku Porsche Indonesia meluncurkan 911 GT3 di dalam negeri pada April 2022. Sedangkan versi lebih buasnya, 911 GT3 RS meluncur pada Februari 2023 dengan harga minimal Rp10,3 miliar.

Insiden Xpander menabrak showroom hingga merusak Porsche 911 GT3 awalnya viral di media sosial. Dalam video yang beredar tampak Xpander hitam ringsek karena tertiban besi dan kaca serpihan bangunan dealer.

Apesnya, mobil miliaran 911 GT3 yang kebetulan parkir di showroom kena getah ulah sopir Xpander. Kap mesin mobil Jerman ini penyok hampir terlipat, sementara bagian wajahnya diprediksi rusak berat walau tak tampak terlalu jelas dalam video.

Peristiwa ini diduga terjadi di showroom mobil mewah Ivan's Motor yang berada di Pantai Indah Kapuk (PIK) II. Selain Porsche, showroom ini juga memajang banyak mobil mewah lain termasuk McLaren dan Mercedes-Benz.

Sopir Xpander kini statusnya tersangka dan sudah ditahan pihak kepolisian. Menurut keterangan kepolisian sang sopir mengaku mabuk alkohol saat kejadian. 

[Gambas:Instagram]

(can/fea)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek