Israel Tegaskan Bakal Terus Serang Hizbullah di Lebanon-Suriah - CNN Indonesia

 

Israel Tegaskan Bakal Terus Serang Hizbullah di Lebanon-Suriah

Sabtu, 30 Mar 2024 03:10 WIB

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pihaknya akan terus menyerang kelompok bersenjata Hizbullah di Lebanon hingga Suriah. (REUTERS/AZIZ TAHER)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pihaknya akan terus menyerang kelompok bersenjata Hizbullah di Lebanon hingga Suriah.

"Hal ini berlaku untuk Beirut, Baalbek, Tsor, Sidon, Nabatieh dan seluruh wilayah di sektor ini dan juga berlaku untuk tempat-tempat yang lebih jauh seperti Damaskus," kata Gallant lewat media sosial X, dikutip dari CNN, Sabtu (30/3).

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa Ali Abed Akhsan Naim, yang diduga wakil komandan Unit Roket dan Rudal Hizbullah, tewas dalam serangan udara di daerah Bazouriye di Lebanon selatan.

Hizbullah dan Israel telah terlibat saling serang beberapa bulan terakhir, yang telah menyebabkan puluhan ribu warga Lebanon dan Israel mengungsi dari rumah mereka.

Pada Rabu lalu, Israel menggempur Lebanon Selatan dan menyebabkan tujuh orang tewas. Di hari sebelumnya serangan mereka membuat tiga anggota Hizbullah meninggal.

Sejumlah pihak mewanti-wanti serangan Israel ke wilayah negara lain memicu konflik lebih luas.

Sekutu dekat Israel, Amerika Serikat, bahkan memperingati pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu soal perang dengan Lebanon.

Selain itu, Israel juga menyerang wilayah dekat kota Aleppo, Suriah, pada Jumat (29/3) dini hari dan menyebabkan 38 orang meninggal.

Al Jazeera melaporkan korban tewas itu mencakup warga sipil, militer, dan lima anggota Hizbullah.

Sejak serangan Hamas terhadap warga sipil Israel pada tanggal 7 Oktober 2023, Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap Suriah, sebagian besar menargetkan kelompok yang bersekutu dengan Iran, yang mendukung kelompok militan Palestina, Hamas.

Agresi ini menandai peningkatan besar ketegangan antara Hizbullah dan Israel, di mana kelompok militan tersebut juga melancarkan beberapa serangan dari Lebanon selatan.

Kekuasaan Hizbullah juga meningkat luas di wilayah Suriah timur, selatan dan barat laut dan di beberapa pinggiran kota di sekitar ibu kota.

(CNN/fra)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek