Kepala BMKG soal Banjir di Semarang: Kawasan Menurun, Ditambah Banjir Rob - deti

 Kepala BMKG soal Banjir di Semarang: Kawasan Menurun, Ditambah Banjir Rob

Dwi Rahmawati

Jakarta -

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan banjir yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, akibat kondisi permukaan wilayah yang menurun. Dwikorita menyebut beberapa titik yang terdampak diperparah oleh adanya banjir rob.

"Karena seperti yang sudah diketahui, wilayah Semarang itu kan memang mengalami penurunan. Kalau wilayah lain belum banjir di situ banjir dulu. Apalagi ada banjir rob, jadi banjirnya tidak hanya dari hujan. Tapi diperparah banjir rob dari laut," kata Dwikorita kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Dwikorita mengatakan pihaknya sudah memberikan peringatan dini secara berjenjang di wilayah tersebut. Ia mengatakan potensi cuaca ekstrem di Semarang akan berlangsung hingga pekan depan.

"Peringatan dini diberikan, kami memberi peringatan dini dari sepekan sebelum kejadian diulang sampai 3 hari sebelum kejadian, diulang sampai 3 jam sebelum kejadian. Maksudnya agar diingetin terus awas lho, awas lho, awas lho, begitu," katanya.

Dwikorita berharap perubahan cuaca itu berangsur membaik menjelang Lebaran. Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu memeriksa aplikasi BMKG.

"Semoga berkurang ya, tapi itu masih pancaroba ya, masih pancaroba, jadi bisa mendadak gitu lo. Kalau musim hujan, mulai lagi terus. Kalau pancaroba itu paginya baik-baik aja gitu, eh tiba-tiba sore deres gitu," ujar Dwikorita.

Diketahui, banjir terjadi di beberapa titik di Semarang. Di antaranya, jalur Pantura Kaligawe Terboyo. Ketinggian air dari RSI Sultan Agung hingga terowongan Tol Kaligawe masih setinggi lutut orang dewasa sehingga tidak bisa dilewati. Maka kendaraan dari Demak ke arah Semarang dialihkan ke kiri menuju Jalan Woltermonginsidi. Meski ada juga genangan, jalan alternatif itu masih bisa dilewati.

Kawasan wisata Kota Lama juga terendam banjir. Banjir menggenangi hampir seluruh kawasan Kota Lama, mulai akses masuk di Bank Mandiri, Stasiun Tawang, hingga Museum Kota Lama atau Bubakan.

Banjir juga terjadi di sejumlah titik di jalur rel PT KAI Daop 4 Semarang, yaitu di petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng-Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng-Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang-Kaliwungu.

Saksikan Live DetikSore:

(dwr/eva)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek