KPU Targetkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di 8 Provinsi Tuntas Hari Ini, Berikut Daftarnya - Beritasatu

 

KPU Targetkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di 8 Provinsi Tuntas Hari Ini, Berikut Daftarnya

Selasa, 12 Maret 2024 | 13:16 WIB
YP
MF
Hasyim Asy'ari.
Hasyim Asy'ari. (Antara/M Risyal Hidayat)

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya menargetkan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di delapan provinsi tuntas hari ini, Selasa (12/3/2024). Sebelumnya, KPU sudah mengesahkan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di 9 provinsi sejak Sabtu (9/3/2024) lalu.

"Sampai dengan dini hari tadi sudah delapan provinsi yang sudah hadir," ujar Hasyim saat membuka rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2024).

Untuk mempersingkat waktu, kata Hasyim, pihaknya melakukan rekapitulasi terhadap delapan provinsi tersebut dalam dua panel. Masing-masing panel akan melakukan rekapitulasi empat provinsi.

BACA JUGA

"Kita buka dua panel. Panel di sini adalah panel A, yaitu untuk melakukan rekapitulasi KPU Provinsi DKI, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat. Untuk Panel B ada Kepulauan Riau, NTT, kemudian Banten, Kalimantan Utara," ungkap Hasyim.

"Jadi bapak ibu saksi dari partai politik maupun pasangan calon maupun DPD dimohon menyesuaikan, kalau semuanya ditempatkan di Panel A butuh waktu yang agak panjang ya. Kalau kita bagi di dua panel, masing-masing bisa melaksanakan rekap untuk empat provinsi," pungkas Hasyim.

Sebelumnya, KPU sudah melakukan rekapitulasi nasional penghitungan suara Pilpres 2024 di sembilan provinsi yang digelar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, sejak Sabtu (9/3/2024) hingga Selasa (12/3/2024) dini hari. Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul telak di sembilan provinsi tersebut dengan perolehan 26.120.118 suara.

BACA JUGA

Di urutan kedua ditempati oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan 11.952.711 suara dan di urutan terakhir pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 6.658.231 suara.

Kesembilan provinsi yang sudah melakukan rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres 2024, yakni DI Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, dan Jawa Tengah.
 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek