Media Asing Ramai Soroti Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit dalam Penerbangan - inews

 Media Asing Ramai Soroti Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit dalam Penerbangan

Puti Aini Yasmin

Media Asing Ramai Soroti Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit dalam Penerbangan ilustrasi insiden pilot Batik Air tertidur dalam penerbangan menjadi sorotan media asing (antara)

JAKARTA, iNews.id - Insiden pilot Batik Air yang tertidur selama 28 menit dalam penerbangan tengah ramai dibicarakan. Bahkan, kasus ini menjadi sorotan sejumlah media asing.

Diketahui, pilot dan kopilot Batik Air dengan rute penerbangan Kendari-Jakarta tertidur sewaktu menjalankan pesawat pada 25 Januari 2024 lalu. Hal ini diketahui dari laporan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca Juga

Batik Air Bebas Tugaskan Pilot-Kopilot yang Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Meski tidak berdampak pada penumpang, kejadian ini dianggap sebagai kesalahan serius karena bisa berakibat fatal. Bahkan, menjadi sorotan media asing, seperti berikut di bawah ini:

1. Straits Times

Baca Juga

5 Fakta Pilot Batik Air Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta, Nomor 3 Pesawat Keluar Jalur

Media asal Singapura Straits Times menulis judul 'Indonesia to Open Probe After Airline Pilot Fell Asleep Midflight' atau Indonesia membuka penyelidikan setelah pilot pesawat tertidur saat penerbangan.

Dijelaskan bahwa insiden tersebut mengakibatkan serangkaian kesalahan navigasi. Namun, 153 penumpang pesawat dan 4 pramugari tidak terluka dalam penerbangan selama 2 jam 35 menit tersebut.

Baca Juga

Kemenhub Tegur Keras dan Bakal Investigasi Insiden Pilot Batik Air Tidur saat Penerbangan

Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

2. Times of India

Lalu, ada juga media asing Times of India yang menulis judul 'With 153 Passengers onboard, Indonesian Pilots 'fall asleep' for nearly half an hour' atau dengan 153 penumpang di dalamnya, pilot Indonesia 'tertidur' hampir selama setengah jam.

Dalam paragrafnya dijelaskan bahwa pesawat peristiwa tersebut diketahui awalnya karena pusat kendali di Jakarta mencoba menghubungi pesawat namun tidak menerima jawaban. Hingga akhirnya ditemukan bahwa pesawat berada di jalur yang salah.

3. MalayMail

MalayMail, media asal Malaysia menulis judul 'Indonesian Airline Pilots Fell Asleep Mid-Flight, Says Safety Agency' atau pilot maskapai Indonesia tertidur di tengah penerbangan, atau badan keselamatan untuk insiden pilot Batik Air yang tertidur.

Dalam berita dijelaskan bahwa pilot tersebut berusia 32 dan 28 tahun. KNKT pun mendesak Batik Air membuat prosedur rinci untuk melakukan pemeriksaan kokpit yang benar dan teratur demi memastikan pilot dan awak kabin cukup istirahat sebelum penerbangan.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah memberikan teguran keras kepada Batik Air . Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub M Kristi pun mengaku akan melakukan investigasi.

"Kami akan melakukan investigasi dan review terhadap Night Flight operation di Indonesia terkait dengan Fatigue Risk Management (manajemen risiko atas kelelahan) untuk Batik Air dan juga seluruh operator penerbangan," ujar Kristi dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (10/3/2024).

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar