Perbedaan Brimob dan Polisi: Seragam, Tugas, dan Strukturnya - detik

 

Perbedaan Brimob dan Polisi: Seragam, Tugas, dan Strukturnya

Polisi menyiagakan seluruh personelnya untuk mengamankan jalannya proses pemilihan presiden 2014. Ratusan pasukan Brimob yang disiapkan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakata, Rabu (09/07/2014), akan disebar 40 titik di wilayah Jakarta.
Pasukan Brimob. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Penyebutan Brimob sering kali dibedakan dengan polisi, meski sebetulnya Brimob adalah bagian dari polisi. Hal inilah yang membuat orang kadang mencari tahu perbedaan Brimob dan polisi.

Korps Brimob atau Brigade Mobil termasuk dalam kesatuan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), sama seperti Korlantas, Densus 88, Bareskrim, dan sebagainya. Namun dibandingkan kesatuan lainnya, Brimob memang memiliki kekhususan, karena Brimob adalah satuan elite Polri.

Yuk simak artikel ini untuk mengetahui perbedaan Brimob dan polisi, mulai dari seragam, tugas, dan struktur organisasi Brimob dan polisi.

Struktur Organisasi Polisi dan Brimob

Dalam struktur organisasi Polri di tingkat Mabes, terdapat beberapa unsur. Pada unsur pimpinan terdapat Kapolri dan Wakapolri dengan pangkat Jenderal dan Komisaris Jenderal (Komjen).

Pada unsur pengawas dan pembantu pimpinan, terdapat Inspektorat Pengawasan Umum yang dipimpin seorang Komjen. Kemudian ada Asisten Kapolri berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) di bidang Operasi, SDM, Perencanaan Umum dan Anggaran, serta bidang Logistik. Ada juga Divisi Propam, Divisi Hukum, Divisi Humas, Divisi Hubinter, dan DIvisi TIK yang dipimpin seorang Irjen.

Brimob berada pada unsur pelaksana tugas pokok. Pada unsur ini terdapat Korps Brimob, Korps Lalu Lintas, dan Detasemen Khusus 88 Antiteror, yang dipimpin Irjen. Ada juga Badan Intelkam, Badan Pertahanan Keamanan, dan Badan Reserse Kriminal, yang dipimpin Komjen.

Pada Korps Brimob sendiri dipimpin Komandan Korps Brimob berpangkat Irjen. Dalam unsur pelaksana utama Brimob, terdapat Pasukan Gegana yang di antaranya membawahi Satuan Penjinak Bom (Jibom).

Ada juga Pasukan Pelopor yang melakukan fungsi penindakan massa dan lawan insurjensi untuk menciptakan keamanan dalam negeri.

Nah, itulah tadi telah kita ketahui perbedaan Brimob dan polisi. Meski sebenarnya masih dalam jajaran Polri, Brimob adalah satuan elite sehingga memiliki sejumlah perbedaan dengan satuan lainnya.




Simak Video "Kisah Damara, Pelari Disabilitas yang Sukses Kejar Mimpi Jadi Polisi"


(bai/inf)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek