Presiden, Wapres, dan Menhan Prabowo Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara - BeritaSatu

 

Presiden, Wapres, dan Menhan Prabowo Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Rabu, 13 Maret 2024 | 16:32 WIB
Fito Akhmad Erlangga / DM

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. (Beritasatu.com/Fito Akhmad Erlangga)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, terlihat Baznas menyediakan meja dengan sejumlah petugas yang bertugas untuk menerima zakat.

Sebelum membayar zakat, Jokowi dan Kepala Baznas Noor Achmad bergantian memberikan kata sambutan dan arahan. Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan rasa syukur atas datangnya Ramadan 1445 Hijriah.

"Alhamdulillah, kita bersyukur terhadap Allah subhanahu wa ta'ala karena kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadan untuk menjalankan ibadah," ucapnya.

Jokowi menyebut, berzakat merupakan kewajiban bagi segenap kaum muslim sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah Swt.

"Berzakat adalah kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud syukur dan terima kasih atas berkah yang tak terhingga yang senantiasa dianugerahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala kepada kita," lanjutnya.

Selain itu, kata Jokowi, zakat juga menjadi landasan keimanan dan menyucikan jiwa. Dengan berzakat muslim dapat menolong kaum duafa dan meningkatkan ketenangan batin.

"Dengan berzakat kita memperkuat pondasi keimanan, menolong kaum duafa, menyucikan jiwa dari sifat kikir, meningkatkan ketenangan batin," terangnya.

Jokowi kemudian meminta agar dana zakat yang terkumpul untuk bisa disalurkan dengan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan atau mustahik (penerima zakat) dan serta memberikan ketenangan bagi pemberi zakat (muzaki).

"Terakhir saya berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahik dan ketenteraman pada muzaki," pungkasnya.

Seusai menyampaikan sambutan, Jokowi dan Maruf Amin kemudian menghampiri meja pembayaran zakat yang disediakan. Kemudian keduanya langsung dilayani petugas Baznas dan ditutup dengan membaca doa.

Seusai presiden dan wakil presiden selesai membayar zakat, sejumlah menteri kemudian bergantian melakukan hal yang sama.

Jajaran menteri kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam kesempatan ini di antaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Terlihat pula, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek