Protes Warnai Rapat Pleno KPU NTB, Saksi DPD Banting Piring dan Tendang Meja - BeritaSatu

 

Protes Warnai Rapat Pleno KPU NTB, Saksi DPD Banting Piring dan Tendang Meja

Senin, 11 Maret 2024 | 02:30 WIB
MA
IC
Rapat pleno terbuka penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat KPUD Provinsi NTB diwarnai aksi protes keras dari salah satu saksi calon DPD
Rapat pleno terbuka penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat KPUD Provinsi NTB diwarnai aksi protes keras dari salah satu saksi calon DPD (Beritasatu.com)

Mataram, Beritasatu.com - Rapat pleno terbuka penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat KPUD Provinsi NTB diwarnai aksi protes dari salah satu saksi calon DPD. Saksi tersebut membanting piring dan botol minuman karena menemukan banyak C1 plano yang sudah ditipex.

ADVERTISEMENT

Aksi protes ini terjadi setelah dilakukan sanding data oleh KPU. Saksi menemukan banyak C1 Plano yang ditipex dari nomor urut satu sampai delapan. Saksi kemudian meminta penjelasan kepada Bawaslu NTB terkait hal tersebut.

BACA JUGA

"Di C1 plano banyak yang ditipex dari nomor satu sampai nomor delapan. Kami ingin mengetahui dasar hukum dari tindakan tipex tersebut," kata Syukron, saksi calon DPD. Minggu (10/3/2024).

ADVERTISEMENT

Syukron menambahkan, Bawaslu NTB telah menyatakan bahwa menghilangkan satu suara saja sudah melanggar hak konstitusi.

"Yang kami tuntut hari ini, bahwa ini benar atau salah, kalau benar ini undang-undangnya, kalau salah apa konsekuensinya," ujarnya.

BACA JUGA

Akibat aksi protes ini, suasana rapat pleno sempat memanas. Saksi lain bahkan mengamuk hingga menendang meja dan meninggalkan ruang rapat.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek