Satgas Pangan Kota Probolinggo Sebut Harga Beras Mulai Turun - BeritaSatu

 

Satgas Pangan Kota Probolinggo Sebut Harga Beras Mulai Turun

Jumat, 1 Maret 2024 | 03:31 WIB
Z
IC
Satgas Pangan Kota Probolinggo saat Sidak Distributor Beras.
Satgas Pangan Kota Probolinggo saat Sidak Distributor Beras. (Beritasatu.com/Zulkiflie)

Probolinggo, Beritasatu.com - Tim Satgas Pangan Kota Probolinggo, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah distributor beras yang ada di wilayah setempat. 

ADVERTISEMENT

Salah satu lokasi distributor beras yang didatangi petugas, yakni yang berada di areal rumah toko (Ruko) Panglima Sudirman, Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Mayangan. 

Petugas gabungan terdiri dari Polres Probolinggo Kota dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kota Probolinggo, langsung mengecek kondisi harga berikut ketersediaan beras. 

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Satgas Pangan Kota Probolinggo, Saiful Syarifudin, mengatakan hasil Sidak di lapangan, diketahui harga beras saat ini telah mengalami penurunan.

Menurut Saiful, penurunan harga tak hanya terpantau di tingkat distributor, akan tetapi juga di tiga pasar tradisional yang ada di wilayah Kota Probolinggo, yakni Pasar Baru, Pasar Wonoasih, dan Pasar Kronong. 

"Tiga pasar tradisional ini merupakan pasar yang terbesar di wilayah Kota Probolinggo. Dari informasi petugas kami, harga beras di tiga pasar itu mengalami penurunan," jelas Saiful, Kamis (29/02/2024). 

Penurunan harga beras tersebut disambut gembira oleh masyarakat. Seperti diungkapkan Abdul Munif, yang mengaku senang dengan turunnya harga beras. Sebelumnya, harga beras menyentuh angka Rp 17.000 per kilogram dan saat ini sudah turun sebesar Rp 14.500 per kilogram. 

BACA JUGA

"Sekarang lebih enak, belinya lebih murah. Apalagi ini untuk konsumsi pribadi kebutuhan rumah tangga," terang Munif. 

Sementara distributor beras, Rudi Cahyadi, mengungkapkan harga beras jenis medium saat ini, berada di angka Rp 13.600 per kilogram hingga Rp 14.000 per kilogram atau turun dari harga sebelumnya sebesar Rp 14.700 per kilogram. 

Sedangkan untuk harga beras premium, saat ini berada di kisaran harga Rp 15.000 per kilogram atau turun dari harga sebelumnya, sebesar Rp 15.700 per kilogram. 

Menurut Cahyadi, kenaikan harga beras beberapa waktu lalu dipicu oleh suplai gabah dari tingkat petani yang berkurang. Cahyadi berharap, harga beras di pasaran terus normal, agar tidak membingungkan para distributor. 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek