Swedia Resmi Menjadi Anggota ke-32 NATO - CNN Indonesia

 

Swedia Resmi Menjadi Anggota ke-32 NATO

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Swedia resmi menjadi anggota ke-32 Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO), Kamis (7/3). Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson secara simbolik menyerahkan dokumen keanggotaan kepada Amerika Serikat, sebagai salah satu negara pendiri NATO.

"Ini adalah langkah besar tetapi, pada saat yang sama, langkah yang sangat alami," kata Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson di Departemen Luar Negeri AS, dikutip AFP, Kamis (7/3).

"Ini adalah kemenangan bagi kebebasan hari ini. Swedia telah membuat pilihan bergabung dengan NATO yang bebas, demokratis, berdaulat, dan bersatu," tambahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gedung Putih pun menyambut baik bergabungnya Swedia menjadi bagian NATO. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menyebut gabungnya 'Blagult' akan membuat NATO semakin kuat. Swedia resmi bergabung dengan NATO di tengah perang Rusia dan Ukraina yang sudah berlangsung selama 2 tahun. Ukraina sebelumnya juga mengajukan diri menjadi sekutu NATO namun gagal usai invasi Rusia ke negara tersebut.

"Hal baik datang bagi mereka yang menunggu. Beberapa meragukan kita akan sampai di sini; kita tidak pernah ragu," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken saat menerima dokumen dari Swedia.

Harapan Swedia untuk menjadi anggota NATO sempat mendapatkan banyak halangan. Dari 194 anggota parlemen yang setuju, hanya enam yang menolak permohonan Swedia.

Negara anggota NATO yang menolak kemudian mengerucut menjadi dua, Turki dan Hungaria.

Belakangan, Turki memberikan restu Swedia gabung NATO setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan sempat menolak mentah-mentah. Persetujuan diberikan melalui ratifikasi dari parlemen Turki pada awal tahun ini.

Para anggota parlemen memberikan suara 287-55 untuk mendukung negara Nordik itu menjadi anggota ke-32 NATO, usai mendapat restu Erdogan.

Persetujuan dari anggota NATO terhadap negara yang mengajukan diri masuk aliansi itu memang harus melewati dua tahap, yaitu persetujuan dari eksekutif dan ratifikasi dari parlemen negara tersebut.

Kemudian Hungaria juga akhirnya luluh dan memberikan restu kepada Swedia dengan kesepakatan Hungaria akan menerima jet tempur dari Swedia sebagai langkah awal kerja sama.

Sejumlah manfaat akan diterima Swedia usai resmi bergabung dengan NATO. Tiap serangan yang menimpa Swedia akan dianggap sebagai serangan untuk semua anggota NATO.

NATO terakhir berisi 31 negara anggota, yakni Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

(tim/isn)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek