Swedia Segera Disahkan Jadi Anggota ke-32 NATO - detik

 

Swedia Segera Disahkan Jadi Anggota ke-32 NATO

Jakarta 

-

Swedia segera menjadi anggota North Atlantic Treaty Organization atau NATO. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson tengah berada di Amerika Serikat (AS) untuk menyerahkan sejumlah dokumen akhir.

Pihak Gedung Putih menyambut terbuka bergabungnya Swedia dengan NATO. Gedung Putih mengatakan Swedia secara resmi menjadi anggota NATO pada Kamis (7/3/2024) waktu setempat.

"Memiliki Swedia sebagai sekutu NATO akan membuat Amerika Serikat dan sekutu kami menjadi lebih aman," kata pernyataan dari Gedung Putih dilansir Reuters.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di media sosial X miliknya, Perdana Menteri Swedia Kristersson mengatakan Sekjen NATO Jen Stoltenberg telah memberikan informasi perihal tahap akhir bergabungnya Swedia dengan NATO. Swedia akan menjadi anggota ke-32 bagi NATO.

"Swedia segera menjadi anggota NATO ke-32," kata Kristersson di X.

Bergabungnya Swedia dengan NATO terjadi di tengah perang Rusia dan Ukraina yang telah berlangsung selama 2 tahun terakhir. Masuknya Swedia menjadi sekutu NATO dianggap bisa menjadi pukulan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sejumlah manfaat akan diterima Swedia usai resmi bergabung dengan NATO. Tiap serangan yang menimpa Swedia akan dianggap sebagai serangan untuk semua anggota NATO.

"Kita harus menghadapi dunia yang terkadang tidak kita harapkan," kata Kristersson setelah Hongaria menjadi anggota NATO terakhir yang meratifikasi aksesi Swedia pekan lalu.

NATO saat ini berisi 31 negara anggota, yakni Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

(ygs/haf)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek